Scroll untuk baca artikel
Editorial

Karpet Merah Pemilu 2024, Untuk Istri Kerabat dan Artis 

979
×

Karpet Merah Pemilu 2024, Untuk Istri Kerabat dan Artis 

Sebarkan artikel ini
Karpet Merah Pemilu 2024, Untuk Istri Kerabat dan Artis

Kobra Post Online – Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah ditutup, baik untuk DPR RI, provinsi maupun kota/ kabupaten. Tahapan Pemilu berikutnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyampaikan informasi status caleg setelah melalui verifikasi administratif dengan dua status yaitu memenuhi syarat (MS) dan belum memenuhi syarat (BMS).

Mencermati para Bacaleg terutama tingkat DPR RI, politik kekerabatan  masih kental dalam Pemilu 2024. Istri, anggota keluarga dari sejumlah pimpinan partai politik, seniman dan para artis didaftarkan sebagai Bacaleg.

Alih-alih menjalankan fungsi kaderisasi, partai politik dinilai cenderung menempuh jalan pintas dengan mencalonkan tokoh yang sudah memiliki modal sosial dan finansial guna mengoptimalkan pemenangan pemilu.

Keberadaan, istri, kerabat sejumlah pimpinan parpol dan para artis dalam bursa Bacaleg DPR terkuak sepanjang pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam dua pekan lalu.

PDI Perjuangan (PDI-P) misalnya, mendaftarkan Pinka Hapsari, anak Ketua DPP PDI-P yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani. Partai Gerindra juga mendaftarkan Titiek Soeharto, mantan istri Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Dari Partai Golkar, tercatat nama Atalia Praratya, istri Gubernur Jawa Barat sekaligus Wakil Ketua Umum Golkar Ridwan Kamil. Kemudian Partai Amanat Nasional (PAN) mendaftarkan Futri Zulya Savitri atau Putri Zulkifli Hasan, anak Ketua Umum PAN yang juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, serta Yane Ardian Rachman, istri Wali Kota Bogor, sekaligus Ketua DPP PAN, Bima Arya Sugiarto.

Baca juga: Pendaftaran Bacaleg DPRD Kota Bogor 2024 Resmi Ditutup

Perekrutan tokoh yang memiliki hubungan kekerabatan dengan petinggi parpol merupakan salah satu langkah yang efektif untuk mendongkrak perolehan suara partai.

Akan tetapi, Atalia dipilih bukan hanya karena dia merupakan istri Ridwan Kamil, melainkan juga tokoh penggerak berbagai aktivitas sosial di Jawa Barat. Selain itu, Atalia disebut tetap mengikuti proses seleksi sesuai mekanisme partai.

Mirip dengan Golkar dan PAN yang mendaftarkan Futri Zulya Savitri putri dari Ketua Umum DPP Zulkifli Hasan dan Yane Ardian istri Wali Kota Bogor karena keduanya dipandang sebagai tokoh potensial. 

Dikabarkan Futri akan maju sebagai caleg di Dapil Lampung I (Kabupaten Lampung Barat, Lampung Selatan, Pesawaran, Pesisir Barat, Pringsewu, Tanggamus, serta Kota Bandar Lampung dan Metro), dapil yang sebelumnya menjadi arena pertarungan Zulkifli Hasan, ayahnya. 

Pada Pileg 2024, Zulkifli tak lagi maju di dapil itu, karena akan maju di Dapil Jawa Tengah I jika dibutuhkan. Adapun Yane Ardian bakal berkontestasi di Dapil Jawa Barat III (Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor), wilayah yang sebagian dipimpin Bima Arya.

Tak hanya kerabat dan istri politisi, sejumlah partai politik juga telah mendaftarkan para artis dan seniman sebagai Bacaleg DPR RI. Dari PKS, ada nama komedian Sunarji alias Narji Cagur. Dia akan bertarung dari Dapil Jawa Tengah X yang meliputi Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan Kota Pekalongan.

Baca juga: Partai Ummat: Pilih Bacaleg Lihat Rekam Jejaknya

Dari PDI Perjuangan juga ikut mengusung artis sebagai Bacaleg DPR RI. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu mendaftarkan 14 seniman. Beberapa di antaranya merupakan nama-nama yang baru diusung PDIP sebagai caleg DPR RI. Mereka adalah penyanyi Once Mekel, Marcell Siahaan, Sari Yok Koeswoyo, Andre Hehanusa, lalu komedian Deni Cagur, seniman Taufik Hidayat Udjo, pembawa acara Tamara Geraldine, dan Lucky Perdana.

Beberapa nama pesohor lainnya mereka sedang menjabat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PDIP. Mereka adalah Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaihollo, dan Junico Siahaan.

Lalu Partai Nasdem mengusung artis tercatat ada 8 orang, yakni penyanyi Annisa Bahar dan Reza Artamevia, pemain sinetron Ali Syakieb dan Nafa Urbach, presenter Choky Sitohang dan Ramzi, serta musisi Didi Riyadi dan Diana Sastra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *