Scroll untuk baca artikel
Wisata

Jembatan Rawayan Taruma Nagara

3568
×

Jembatan Rawayan Taruma Nagara

Sebarkan artikel ini

Destinasi Wisata Rancabungur

Jembatan Rawayan
Jembatan Rawayan Taruma Nagara Rancabungur, Kabupaten Bogor. (Foto : Dok. Jun)

BOGOR, Kobra Post Online – Jembatan Rawayan (Gantung) Taruma Nagara yang berlokasi di TPU Rancabungur RT 02 RW 07 Desa Rancabungur menjadi objek wisata bagi warga lokal. Bupati Bogor Ade Yasin telah meresmikan jembatan gantung itu pada 22 Desember 2021 silam.

Jembatan Rawayan itu kini sedang viral, bahkan memiliki daya tarik di kalangan warga yang penasaran menyebrang jembatan terpanjang di Kabupaten Bogor. Sehingga menjadi salah satu destinasi wisata milik Kecamatan Rancabungur.

“Jembatan ini mempunyai panjang 128 meter. Mudah-mudahan aliran sungai Cisadane nantinya bisa kita gali lagi untuk potensi wisata arung jeram,” ungkap Camat Rancabungur  Dita Aprilia kepada Kobra Post Online usai acara kunjungan Bupati, Senin (28/2/2022).

Dita menjelaskan, untuk pembuatan jembatan ini menghabiskan anggaran mencapai satu miliar. Di mana pelaksanaan pembangunannya Pemerintah Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Korem 061/ Suryakancana Bogor.

“Jembatan ini menghubungkan dua Desa yaitu Desa Rancabungur Kecamatan Rancabungur dengan Desa Ciaruteun Ilir Kecamatan Cibungbulang,” jelasnya.

Jembatan Rawayan Taruma Nagara
Camat Rancabungur, Dita Aprilia.

Camat mengimbau, dengan keberadaan jembatan rawayan ini agar warga bisa menjaga dan memelihara.

“Ini merupakan akses utama untuk moda transportasi bagi warga. Banyak masyarakat yang ke depannya mungkin sekedar berfoto agar menjaga wilayah yang ada di sekitar. Karena ini berada di lingkup sungai Cisadane. Jadi kalau semakin banyak sampah di sini khawatir bisa mencemari,” ucapnya.

Baca juga : Desa Rancabungur Akan Buka Wisata Arung Jeram Tahun 2022

Terakhir Dita berharap, untuk akses jalan utama bisa diperlebar. Ini salah satu modal untuk menarik minat wisatawan menghindari kemacetan.

“Mudah-mudahan ke depannya ada bangunan Bogor outer ring road dan akses pintu tol dari Rancabungur untuk meningkatkan perekonomian serta pembangunan yang ada di wilayah ini,” pungkasnya.

Jembatan Rawayan Taruma Nagara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *