Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Mengenal WordPress Bagi Pemula

6342
×

Mengenal WordPress Bagi Pemula

Sebarkan artikel ini
Belajar Wordpress

Kobra Post Online Bagi orang-orang yang ingin belajar cara membuat website, WordPress adalah pilihan terbaik. Hampir tidak ada pemilik website yang tidak mengenalnya. Alasannya karena gratis, fiturnya tidak terbatas, dan proses belajarnya sangat mudah. Bahkan kalau anda belum pernah memegang komputer sebelumnya pun anda akan bisa membuat website dalam 5 menit.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah platform atau sistem manajemen konten (CMS) untuk membuat dan mengelola situs web. Awalnya dikembangkan sebagai platform untuk blogging, tetapi kini telah berkembang menjadi salah satu platform paling populer untuk membuat situs web baik itu blog pribadi, situs e-commerce, situs berita, situs portfolio, dan lain sebagainya.

WordPress termasuk open-source yang bebas digunakan oleh siapa saja dan memiliki komunitas pengembang yang besar. Software ini menyediakan berbagai fitur dan plugin yang memungkinkan pengguna untuk mengelola konten situs web dengan mudah tanpa harus memiliki kemampuan pemrograman web yang tinggi.

Selain itu, juga memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan situs web dengan mudah menggunakan tema atau template yang disediakan. Saat ini, digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia, termasuk perusahaan besar, organisasi pemerintah, dan individu yang ingin memiliki situs web dengan biaya yang terjangkau dan mudah dioperasikan.

dashboard wordpress

Bahasa Indonesia menempati posisi ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan pada CMS ini dengan persentase 2,4%. Hanya kalah dari Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol yang memang digunakan oleh banyak negara. Ini artinya ada sangat banyak website berbasis WordPress di Indonesia.

Mengapa WordPress Populer?

Alasan utamanya yaitu karena proses pembuatannya sangat mudah, bahkan orang yang baru kenal komputer pun bisa membuat website dalam 5 menit. Selain itu, juga karena gratis.

WordPress menjadi sangat populer karena beberapa alasan berikut:

  1. Gratis dan Open-Source: platform open-source yang bebas digunakan oleh siapa saja. Ini berarti bahwa pengguna dapat mengunduh, menginstal, dan mengubah kode sumber sesuai kebutuhan mereka.
  2. Mudah digunakan: memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, bahkan oleh pengguna yang tidak memiliki latar belakang teknis. Proses membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten di CMS ini sangat sederhana dan mudah dipahami.
  3. Fleksibilitas: sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk hampir semua jenis situs web, dari blog pribadi hingga situs web e-commerce besar. Selain itu, juga memiliki ribuan tema dan plugin yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas situs web mereka sesuai kebutuhan.
  4. Komunitas besar: memiliki komunitas pengembang yang besar dan aktif yang terdiri dari ribuan pengembang dan pengguna. Komunitas ini memberikan dukungan, tutorial, dan sumber daya lainnya untuk membantu pengguna memaksimalkan penggunaannya.
  5. SEO-friendly: dirancang untuk ramah SEO, artinya mudah dioptimalkan untuk mesin pencari seperti Google. Ini memungkinkan situs web untuk mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang relevan.
  6. Keamanan: selalu berusaha mengamankan platformnya dari serangan dan kerentanan keamanan. WordPress rutin mengeluarkan pembaruan keamanan dan patch keamanan untuk memastikan situs web selalu aman dan terlindungi dari ancaman keamanan.

Karena alasan ini dan banyak lagi, WordPress menjadi salah satu platform paling populer untuk membuat dan mengelola situs web di seluruh dunia.

Baca Juga : PMTK Adalah

sumber : http://panduanim.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *