Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

8 Siswa SDN Rancabungur 3 Terima Medali Pramuka Siaga Garuda

1781
×

8 Siswa SDN Rancabungur 3 Terima Medali Pramuka Siaga Garuda

Sebarkan artikel ini
rancabungur 3
Delapan siswa SDN Rancabungur 3 telah menerima mendali Pramuka Siaga Garuda.

BOGOR, Kobra Post Online – Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, menyematkan medali kehormatan Pramuka Garuda Siaga untuk delapan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rancabungur 3. Penyematan medali ini dilaksanakan setalah upacara bendera hari Senin (9/1) di halaman sekolah. Dan penyematan ini langsung diberikan oleh Ketua Kwarran Rancabungur, Edy Wahyudi.

Medali ini memiliki pita dengan warna pinggiran putih dan warna garis tebal di tengah merah, di ujung pita terdapat medali yang terbuat dari metal berbentuk segi lima bergambarkan Burung Garuda yang memiliki tunas kelapa di dadanya, dan memegang pita bertuliskan “SETIA, SIAP, SEDIA” yang menggambarkan sikap yang dimiliki setiap Pramuka Garuda.

Baca juga: SDN Rancabungur 3 Larang Siswanya Membawa Lato-lato ke Sekolah

Kepela SDN Rancabungur 3, Eti Widiastuti mengatakan, dari delapan siswa itu terdiri dari kelas empat lima orang dan kelas lima tiga orang. Selain penyematan medali, Kwarran juga memberikan sertifikat yang telah ditandatangani oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor yang bisa digunakan saat akan melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) melalui jalur prestasi. Sebelumnya, medali serta sertifikat ini telah diberikan oleh Kwarcab Kabupaten Bogor kepada siswa SDN Rancabungur 3 di Cimandala dihari Selasa (20/12/2022).

“Kita berikan pengalungan medali dan pemberian sertifikat. Sertifikat ini penting, jadi bisa digunakan melalui jalur prestasi ke SMP Negeri atau sekolah pilihannya. Karena dari segi zonasi kita jauh dari SMP Negeri ini, maka saya dorong dari jalur prestasinya,” kata Eti kepada Kobra Post Online di ruangan kerjanya, Kamis (12/1).

rancabungur 3
Baca juga: Pramuka Kwarran Rancabungur Gelar Jambore Ranting

Lanjut Eti, delapan siswa Pramuka Garuda nantinya akan melanjutkan menjadi Pramuka Penggalang di kelas lima dan enam. Namun, untuk tingkat SD hanya bisa menjadi Penggalang Ramu.

“Penggalang Ramu ini tingkatan, Syarat-syaratnya Kecakapan Umum pertama sebelum Penggalang Rakit dan Penggalang Terap. Maka untuk tahapan penggalang berikut nya ada di SMP,” ungkapnya.

Baca juga: Pramuka Kwarran Bogor Barat Adakan Bazar dan Santunan

Ia menjelaskan, selain delapan orang, nanti kedepannya juga akan ada penyematan medali kehormatan Pramuka Siaga Garuda kembali. Di Kecamatan Rancabungur, SDN Rancabungur 3 adalah pencetus Pramuka Siaga Pramuka.

“Nanti bakal bertambah lagi Pramuka Garudanya, sekarang kita masih proses. Dan semoga selain SDN Rancabungur 3 ada juga SD lainnnya yang memiliki Pramuka Garuda,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *