Scroll untuk baca artikel
Sorot Desa

PPS Desa Pasirgaok Lantik 29 Petugas Pantarlih

44
×

PPS Desa Pasirgaok Lantik 29 Petugas Pantarlih

Sebarkan artikel ini
pps
Pelantikan petugas Pantarlih oleh PPS Desa Pasirgaok. (Foto: Dok. Junaedi).

BOGOR, Kobra Post Online – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Pasirgaok, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, melantik 29 orang petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di aula desa setempat, pada Senin (24/6).

Pelantikan itu dihadiri oleh Kepala Desa Pasirgaok, Abdul Rohman, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Rancabungur, dan Ketua Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Rancabungur.

Ketua PPS Desa Pasirgaok, Ependi mengatakan bahwa pelantikan Pantarlih ini untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan bertugas memutakhirkan data pemilih.

“Mereka bertugas di masing-masing wilayah, ataupun tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing,” kata Ependi kepada Kobra Post Online usai pelantikan.

Ependi menjelaskan, data hak pilih di Desa Pasirgaok sementara mencapai 7.094 orang. Di antaranya 3.653 laki-laki, dan 3.441 perempuan.

“Dari jumlah 7.094 orang, terbagi di 15 TPS. Adapun jumlah petugas Pantarlih yang baru saja dilantik ada 29 orang. Dan Ada satu orang di satu TPS, sisanya masing-masing dua orang petugas dalam satu TPS,” jelas pria yang juga menjabat Sekretaris Desa Pasirgaok.

pps
Kepala Desa Pasirgaok saat sambutan dipelantikan petugas Pantarlih oleh PPS.
Baca juga: Desa Pasirgaok Siap Sukseskan Pemilu 2024

Menurutnya, per TPS mencakup maksimal 600 hak pilih, sedangkan di Desa Pasirgaok sendiri hak pilih per TPS kurang dari 600 orang.

Setelah pelantikan, lanjutnya, petugas Pantarlih juga membacakan fakta integritas guna mengetahui tugas dan fungsinya. Lalu, Pantarlih memulai tugasnya per hari ini sampai sebulan ke depan.

“Data yang sudah ada nantinya dimutakhirkan, diperbaiki, dan diperjelas,” ucap Ependi.

Ketua PPS Desa Pasirgaok itu berharap para petugas bisa mendata secara keseluruhan. Dengan cara individual, dan door to door ke masing-masing warga.

pps.
Baca juga: Rudy Susmanto Sebut Petugas KPPS Pahlawan Demokrasi

Sementara itu, Kepala Desa Pasirgaok, Abdul Rohman mengimbau kepada petugas Pantarlih agar jangan hanya bekerja di belakang meja. Namun harus terjun langsung ke wilayahnya masing-masing guna melakukan pemutakhiran data warga.

“Mengingat, Pilkada 2024 akan digelar pada 27 November mendatang. Itu merupakan pesta demokrasi untuk yang ada di Kabupaten Bogor dan Provinsi Jawa Barat. Rangkaian itu diawali dari petugas Pantarlih, mereka akan melakukan pemutakhiran data masyarakat atau pemilih,” beber About sapaan akrabnya.

About mengingatkan petugas supaya dapat memastikan warga telah terdata semua. Dan ia menginformasikan bagi warga yang sudah memasuki usia 17 tahun namun belum memiliki KTP, agar berkoordinasi dengan pemerintah desa.

“Kami bisa membantu untuk membuat KTP ataupun KTP sementara. Sehingga mereka bisa menyalurkan hak suaranya pada Pilkada 2024 nanti,” ujarnya.

“Saya berharap di Pilkada nanti, bisa berjalan sesuai dengan target dan harapan, serta tanpa ekses tentunya. Mudah-mudahan masyarakat bisa memilih wakil kepala daerahnya sesuai dengan harapan mereka, yang bisa membangun desa lebih baik lagi, dan bisa memfasilitasi keinginan dan aspirasi masyarakat,” ujar About mengakhiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *