Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Lama Dinantikan, Agus Hafiz Resmi Jabat Kepala Sekolah

563
×

Lama Dinantikan, Agus Hafiz Resmi Jabat Kepala Sekolah

Sebarkan artikel ini
agus
Serah terima jabatan dari Plt (kanan) ke Agus Hafiz (kiri) selaku Kepala SDN Bantarkambing 2. (Foto: Dok. Junaedi-kobrapostonline.com).

BOGOR, Kobra Post Online – Setelah enam tahun menantikan pengangkatan kepala sekolah, kini Agus Hafiz resmi menduduki jabatan Kepala sekolah Dasar Negeri (SDN) Bantarkambing 2, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor. Terakhir Agus bertugas sebagai guru di SDN Rancabungur 1.

Pelantikan Agus sebagai kepala sekolah pada tanggal 21 Juli 2023 bersama para kepala sekolah lainnnya di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor.

Agus Hafiz mengatakan, setelah dilantik menjadi kepala sekolah dirinya merasa bersyukur. Ia telah menyelesaikan tahapan demi tahapan dalam penyeleksian kepala sekolah di pertengahan 2016, dan dinyatakan lulus mengikuti diklat di tahun 2017.

“Kemarin tanggal 21 Juli 2023 saya dilantik menjadi kepala sekolah di Rancabungur, tepatnya di SDN Bantarkambing 2,” kata Agus kepada Kobra Post Online seusai Sertijab di Gedung PGRI, Kamis (27/7).

Agus memaparkan, pada tahun 2000 ia bertugas mengajar di SDN Gintung Cilejet 1, Parung Panjang. Seiring jalannya waktu, dirinya pindah ke SDN Parung Panjang 4 sampai dengan 2009. Di tahun 2009 ia mengajukan mutasi ke Kecamatan Rancabungur, yaitu bertugas ke SDN Pasirgaok 3 sampai tahun 2014. 2014 dipindah tugaskan ke SDN Rancabungur 1 sampai 2023.

“Jadi awal saya diangkat menjadi guru sudah empat sekolah dan dua kecamatan ia mengajar. Di SDN Rancabungur 1 saya paling lama,” papar Agus yang juga menjabat Ketua PGRI Kecamatan Rancabungur.

agus.
Baca juga: Ini Kepala Sekolah di Rancabungur yang Dirotasi dan Promosi

Ia menjelaskan, sesuai tupoksi kepala sekolah ialah seorang guru yang diberikan tugas tambahan menjadi kepala sekolah. Namun, menurutnya ada perbedaan guru dan kepala sekolah. Dirinya akan mempelajari apa yang harus dibenahi dan apa yang menjadi kekurangan di SD yang ia tempati. Dan akan meningkatkan secara perlahan-lahan.

“Guru itu tugas pokoknya mengajar. Sedangkan kepala sekolah tugas pokonya ada tiga, yaitu leadership (pemimpin), managerial yang mengatur semuanya, dan rekan antar teman-teman guru. Terkait gebrakan-gebrakan, kedepannya pasti ada namun melihat situasi dan kondisinya,” jelasnya.

Agus menuturkan, setelah dilaksanakannya Sertijab, maka dirinya akan mulai bekerja di hari Jumat 28 Juli 2023. Setelah bekerja nanti, sambungnya, ia akan merangkul para guru yang ada di SDN Bantarkambing 2.

“Untuk mengatur segala macam tidak mungkin kepala sekolah saja, tidak akan bisa atau sehebat apapun kepala sekolah untuk memajukan pendidikan di sekokah tersebut. Maka harus bekerja sama dengan para guru-guru, disitu kita sebagai leadership untuk merangkul guru-guru visi misi apa yang ada di sekolah itu, kita kembangkan bersama-sama,” pungkasnya.

Baca juga: SMK Negeri 4 Kota Bogor Gelar Lomba Agustusan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *