Kejari Kota Bogor Kembali Tetapkan 6 Tersangka Baru

oleh -1.113 views
tersangka
6 Tersangka baru yang ditetapkan oleh Kejari Kota Bogor

BOGOR, Kobra Post Online – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bogor tetapkan 6 tersangka baru kasus penyelewengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tingkat SD se-Kota Bogor tahun 2017 hingga 2019

Keenam tersangka tersebut merupakan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) pada enam kecamatan di Kota Bogor. Beberapa diantaranya masih berstatus pegawai negeri sipil (PNS) yang menjabat sebagai kepala sekolah, sisanya sudah pensiun.

“Keenam Ketua K3S itu atas nama BS, GN, DB, SB, DD dan WH. Mereka ada yang masih aktif sebagai PNS dan ada juga pensiunan,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bogor, Bambang Sutrisna. Kamis (23/07/2020).

Dari jumlah total kerugian negara sebesar Rp17,2 miliar akibat penyelewengan dana BOS itu, kata Bambang, Kejari menerima pengembalian dana Rp75 juta dari salah satu Ketua K3S.

“Kita juga menyita satu unit mobil Avanza Veloz, termasuk dokumen-dokumen yang berkaitan dengan perkara ini,” katanya.

Lanjut Kajari, dari hasil penelusuran keenam K3S ditetapkan sebagai tersangka karena bekerjasama dengan JRR tersangka pertama selaku penyedia jasa penggandaan soal-soal ujian.

“Hasil pengecekan melalui HP barang bukti, ternyata para Ketua K3S ini sangat intens berkomunikasi dengan tersangka JRR. Sehingga adanya permainan diantara mereka yang mengakibatkan kerugian negara,” jelasnya.

Baca juga :

Penyidik Kejari Geledah Kantor Disdik Kota Bogor

Kejari Kota Bogor Tetapkan Satu Tersangka Dugaan Penyelewengan BOS

Bambang juga menegaskan akan mengembangkan lebih lanjut kasus penyelewengan dana BOS itu.

“Kita akan lihat hasilnya di sidang pengadilan nanti. Yang jelas, atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 2 dan 3 juncto pasal 18 dan 55 UU tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara,” pungkasnya.

Reporter          : Hamid

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *