Kegiatan Pramuka MA Al Atiqiyah di Tutup Dengan Penanaman Pohon

oleh -1.531 views
Kegiatan Pramuka MA Al Atiqiyah
Penyerahan tanaman secara simbolis oleh Bhabinkamtibmas Polsek Cidahu, Brigadir Jejen Saepuloh kepada Kepala MA Al Atiqiyah Yeyet Maryetti M.Ag, untuk kegiatan penanaman pohon di Buper Cidahu. (Foto : Chuba)

SUKABUMI, Kobrapostonline.com – Kegiatan pramuka perkemahan penerimaan tamu ambalan (PTA) Madrasah Aliyah (MA) Al Atiqiyah ditutup dengan acara penanaman pohon. Kamis (05/03/2020)

Kegiatan kepramukaan tersebut digelar di Bumi Perkemahan (Buper) Cidahu, Family Hill, Kampung Javana Cangkuang, Desa Cidahu Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, selama 2 hari sejak tanggal 4 – 5 Maret 2020. Turut hadir pada kesempatan itu Bhabinkamtibmas Polsek Cidahu, Babinsa, dan pengurus YPHI Buper Cidahu.

Kepala MA Al Atiqiyah Yeyet Maryetti M.Ag mengatakan, kegiatan pramuka kali ini adalah penerimaan tamu ambalan. Dimana sebagai ambalan putra K.H. Hasim Asy’ari dan ambalan putri Halimah.

“Selain itu, tujuan diadakannya acara ini untuk pembentukan karakter siswa-siswi yang kebetulan mereka semua tinggal di Pesantren,” katanya saat ditemui Kobrapostonline.com di Buper Cidahu.

Kegiatan Pramuka MA Al Atiqiyah
Kepala MA Al Atiqiyah Yeyet Maryetti M.Ag

Menurut Yeyet, selama ini para siswa lebih banyak melakukan kegiatan di dalam kelas. Maka dengan kegiatan Pramuka ini mereka bisa belajar langsung dengan alam.

“InsyaAllah nanti kami akan adakan kegiatan tahunan yang melibatkan seluruh santri dari SMP IT dan MA-nya,” jelasnya.

Ia mengutarakan, memilih Buper Cidahu untuk acara kepramukaan karena tempatnya yang strategis. Serta dapat melakukan penghijauan demi pelestarian alam.

“Alhamdulillah, disini kita bisa melakukan penghijauan. Sehingga perkemahan ini ditutup dengan acara penanaman pohon. Mudah-mudahan dapat menjadi inspirasi bagi anak didik kami, agar belajar lebih giat lagi. Karena kedepannya nanti akan ada tantangan yang harus dihadapi dan membutuhkan karakter yang kuat serta akhlak yang baik,” paparnya.

Kegiatan Pramuka MA Al Atiqiyah
Pelaksana YPHI, Yusup (kiri) dan Ketua YPHI, Ayi (kanan).

Disisi lain, pengurus Yayasan Pribumi Hijau Indonesia (YPHI) selaku pengelola Buper Cidahu Family Hill, Yusup mengatakan, dengan lokasi Buper yang strategis untuk dijadikan sarana pendidikan, pihaknya ingin membina anak-anak.

“Kebetulan MA Al Atiqiyah merupakan yang pertama melakukan kegiatan Pramuka disini. Saya sangat menyambut baik tujuan dari bumi hijau ini untuk mengembangkan Pramuka yang ada di Cidahu,” ujarnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Cidahu, Brigadir Jejen Saepuloh saat diminta tanggapannya oleh Kobrapostonline.com  dilokasi menuturkan, sejauh ini pihaknya sangat mendukung kegiatan Pramuka yang ada di wilayah Cidahu. Sekarang ini kan banyak anak-anak melakukan kegiatan diluar yang tidak jelas. Namun dengan kegiatan positif seperti ini dapat menekan atau mengantipasi adanya tawuran pelajar,” tutur Jejen.

Baca juga : FKPAI Kabupaten Bekasi Harapkan Kesejahteraan Penyuluh

Kegiatan Pramuka MA Al Atiqiyah
Bhabinkamtibmas Polsek Cidahu, Brigadir Jejen Saepuloh bersama Babinsa, Untung.

Menurutnya, pengelola Buper Cidahu sangat peduli pada anak-anak Pramuka. Sehingga pihak pengelola membebaskan biaya (gratis) untuk setiap acara kepramukaan yang digelar  di Buper Cidahu.

“Disini gratis tanpa biaya apapun. Mungkin di tempat lain akan dipungut biaya. Mudah-mudahan kedepannya akan ada perhatian khusus dari pihak pemerintahan untuk sarana dan prasarananya,” ungkap Jejen.

Kegiatan Pramuka MA Al Atiqiyah
Foto bersama Anggota Pramuka MA Al Atiqiyah, Pengelola Buper Cidahu, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Cidahu.

Babinsa, Untung mengingatkan kepada pihak pengelola agar tidak lupa untuk mengurus perizinannya. Sesuai yang dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi saat melakukan peletakan batu pertama di Buper Cidahu belum lama ini.

“Perizinannya tetap harus diurus, agar setiap kegiatan yang digelar disini bisa berjalan dengan aman dan nyaman. Beberapa tahun kedapan, keberadaan Bumi Perkemahan ini akan sangat bermanfaat, baik bagi masyarakat juga untuk udara dan perairannya,” pungkasnya.

Reporter : Yusup Supandi (Chuba)

Editor : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *