Kades Batutulis Atasi Longsor, Bantuan Pemkab Bogor Tak Kunjung Datang

oleh -1.159 views
Longsor
Kades Batutulis Atasi Longsor

BOGOR, Kobrapostonline.com – Kades (Kepala Desa) Batutulis Ade Danoe atasi longsor yang terjadi pada Januari lalu di wilayah RT 04 RW 01 Kampung Pasir Gintung Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor.

Dalam kegiatan membuka akses jalan yang tertutup timbunan longsor itu, Kades Batutulis bekerjasama dengan Babinsa dan Lembaga Pemerdayaan Masyarakat (LPM), Minggu (05/04/2020).

“Jalan itu tertutup longsoran tanah sepanjang 1 kilometer dari tebingan yang tingginya 5 meter. Kejadiannya saat hujan lebat pada 1 Januari 2020 lalu,” kata Ade Danoe saat ditemui Kobrapostonline di lokasi kegiatan.

Menurut Kades, jalan yang sudah di hotmix pada tahun 2019 lalu itu merupakan akses penting bagi masyarakat Batutulis. Serta sebagai jalan penghubung ke wilayah Desa Cigudeg Kecamatan Cigudeg.

“Akses jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Selain jalan, longsor juga menutup saluran irigasi yang berimbas air dapat meluap ke pemukiman warga,” terangnya.

Dirinya juga mengutarakan bahwa sudah pernah mengajukan bantuan kepada Pemerintah Daerah (Pemkab) Bogor melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk atasi longsor tersebut.

“Alhamdulillah sudah pernah diajukan ke Pemkab Bogor melalui BPBD, namun hingga saat ini belum ada realisasinya. Sebagai Kepala Desa, saya berinisiatif untuk membersihkan tanah longsoran itu sendiri,” ujarnya.

Baca juga : Pemdes Batutulis Nanggung Bagikan Bantuan Sembako Kepada 568 KPM

Mengenai alat berat, lanjutnya, pihak desa dibantu oleh pabrik Bintonik Pasir Gintung. Sedangkan biaya operasional menggunakan dana pribadi Kades.

“Alhamdulillah, kita diberi pinjaman alat berat tanpa harus mengeluarkan biaya. Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak Bentonik atas bantuan dan dukungannya. Sehingga material longsor tuntas dapat teratasi. Jalan dan saluran irigasi bisa kembali normal,” pungkas Ade Danoe.

Reporter          : Andres

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *