Indahnya Hutan Bekas Pertambangan PT. Holcim di Cibadak Sukabumi

oleh -2.837 views
Pertambangan bekas PT Holcim
Hutan Bekas Pertambangan PT Holcim

SUKABUMI, Kobrapostonline.com – Pertambangan bekas PT. Holcim Indonesia Tbk, salah satu perusahaan semen terbesar di dunia pemilik izin pertambangan di Cibadak, Sukabumi yang kaya akan mineral khususnya batuan kuarsa bahan baku semen.

Kegiatan penambangan yang dilakukan PT. Holcim Indonesia Tbk sejak tahun 1975 sampai dengan 2010 itu, menyebabkan penurunan kualitas lingkungan estetika permukaan bekas penambangan, air asam tambang, tingkat erosi yang tinggi dan potensi longsor di beberapa lokasi merupakan dampak yang dihasilkan dari kegiatan pertambangan tersebut.

Pertambangan bekas PT Holcim
Hutan Bekas Pertambangan PT Holcim

Dengan tidak diperpanjangnya izin usaha pertambangan, manajemen Holcim berkomitmen menjaga lingkungan hidup bekerjasama dengan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB). Pengelolaan lahan pasca penambangan selain untuk menjaga lingkungan hidup, dapat berkelanjutan untuk mendukung fungsi pendidikan, penelitian dan bermanfaat bagi masyarakat.

Berbagai macam tumbuhan dan pepohonan sudah menutupi lahan pertambangan ini, jika dilihat tak ubahnya seperti hutan sungguhan. Meskipun dulunya lahan ini gersang penuh dengan bebatuan, kini sudah tak terlihat lagi, yang ada sejuknya udara, serta hijaunya pepohonan menambah suasana tenang dan damai.

Baca juga : Staf Kecamatan Sukatani Rayakan Ultah Camat

Pertambangan bekas PT Holcim
Hutan Bekas Pertambangan PT Holcim

Menyusuri lebih dalam lagi, terdapat kolam bekas endapan kuarsa yang mempercantik suasana lahan tersebut dengan bebatuan besar, tentu menjadi spot yang bagus untuk sekedar berswafoto.

Kolam tersebut dimanfaatkan juga sebagian masyarakat dengan merilis beberapa jenis ikan, untuk menyalurkan hasrat memancing bahkan ada yang menjadikan area kolam untuk ajang pengambilan gambar sebelum menikah (Pre-Wedding). Kita juga dapat memandang lepas pedesaan yang berada dikaki bukit bekas penambangan ini.

Penulis : Dfs (Rrei)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *