Hebat, BUMDes Tohaga Buana Sari Sudah Punya 8 Bidang Usaha

oleh -1.479 views
BUMDes Tohaga Buana Sari Sudah Punya 8 Bidang Usaha
Direktur BUMDes Tohaga Buana Sari Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan, Tatang Haetami (Foto : D. Alek)

BOGOR, Kobrapostonline.com – BUMDes Tohaga Buana Sari Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor yang baru berjalan 5 bulan sudah memiliki 8 bidang usaha. Diantaranya yaitu Bank Desa, Studio Musik, air minum galon, Playground atau tempat bermain dan pengembangan pakan ternak serta usaha makanan dan minuman.

Demikian dikatakan Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tohaga Buana Sari Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan, Tatang Haetami kepada Kobrapostonline di kantornya, Senin (23/02).

Tatang menjelaskan, kini desa dengan segala potensinya mendapat kesempatan besar untuk membangun perekonomian berkelanjutan. Salah satu untuk mendongkrak perekonomiam masyarakat desa  yaitu kehadiran BUMDes. Berbagai potensi desa yang dimiliki, jika dikelola dengan baik melalui BUMDes akan menciptakan kemajuan bagi desa. Sehingga masyarakat pun tidak perlu harus mencari kerja ke luar kota.

“Seperti yang dilakukan di Desa Gunung Sari ini. Dengan memperoleh suntikan Dana Desa (DD) dari Pemerintah, kita mendirikan BUMDes dan mampu mengembangkan sayap usaha,” jelasnya.

BUMDes Tohaga Buana Sari Sudah Punya 8 Bidang Usaha
Para pengurus BUMDes Tohaga Buana Sari Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan

Baca juga : Penemuan Mayat Kembali Hebohkan Warga Sempur

Sebetulnya, lanjut Tatang, BUMDes Tohaga Buana Sari ini sudah berdiri sejak tahun 2016. Namun baru mendapat suntikan dana desa pada tahap ke 2 tahun 2019 lalu sebesar Rp165 juta.

“Kita rombak manajemen, termasuk kepengurusan BUMDes. Setelah mendapat suntikan dari dana desa kita menyewa ruko dan membangun semi café,” katanya.

Dia berharap, kehadiran BUMDes di Desa Gunung Sari Pamijahan akan meningkatkan roda ekonomi masyarakat. Tentunya, juga diharapkan akan mengurangi angka pengangguran di Desa Gunung Sari.

Reporter : D. Alek

Editor : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *