PT Antam Gelontorkan Rp1,65 M Dana CSR Kecamatan Nanggung

oleh -1.674 views
Dana CSR
Rapat internal PT Antam Tbk UBPE Pongkor bersama Kepala Desa Kecamatan Nanggung di wisma Antam, Parengpeng. (Foto : Andres)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Dana CSR adalah salah satu bentuk sinergitas antara perusahan dengan pemerintah daerah dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu Para kepala desa di Kecamatan Nanggung kabupaten bogor mengadakan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan desa skala pihak ketiga,” kata Kepala Desa Kalong Liud yang juga Ketua APDESI Kecamatan Nanggung, Jani di Bogor, Jumat (21/02).

Menurutnya, rencana pembangunan ini merupakan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Saat ini, terdapat tiga skala rencana pembangunan yakni skala desa (anggaran pembangunannya berasal dari iuran masyarakat desa), skala Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor, dan skala pihak ketiga (anggaran pembangunan berasal dari dana CSR perusahaan swasta).

“Kita rumuskan pada hari ini yaitu khusus untuk membahas skala pihak ketiganya, yang mana pembangunan yang akan dibiayai dari dana CSR PT Antam,” tambahnya.

Jani menjelaskan, selain pembangunan infrastruktur, dana CSR ini juga akan digunakan untuk program pembinaan masyarakat. Sehingga, akan terjadi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kecamatan Nanggung yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Dari masing masing desa ini sudah mempersiapkan satu dokumen. Dalam dokumen itu  memuat semua perencanaan, yang disebut dengan dokumen Perencanaan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes). Di situ sudah semua, rencana pembangunan yang sumber anggarannya akan kita dapatkan dari PT Antam,” jelasnya.

Dana CSR
Agus Setiono, External Relation PT Antam Site Pongkor

External Relation PT Antam Site Pongkor, Agus Setiono mengatakan hal ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk ikut memajukan perekonomian masyarakat. Rencana pembangunan ini juga merupakan sebuah bentuk sinergi antara PT Antam dengan pemerintah desa setempat.

Baca juga : Penemuan Mayat Kembali Hebohkan Warga Sempur

Ia menjelaskan, guna mengakomodir program CSR untuk pembangunan di 11 desa Kecamatan Nanggung ini, telah dilakukan musyawarah rencana pembangunan. Diharapkan, dengan adanya musyawarah ini dana CSR PT Antam dapat digunakan secara optimal oleh pemerintah desa dan bisa berdampak positif bagi masyarakat.

“Program tersebut tentunya tidak boleh tumpang tindih dengan rencana pembangunan yang masuk dalam pengajuan anggaran pada pemerintah Kabupaten Bogor. Pagu anggaran yang diberikan PT Antam sebesar Rp150 juta per desa,” tandasnya.

Reporter : Andres

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *