Dana BUMDES Desa Galuga Tahun 2018-2019 Terindikasi Diendapkan

oleh -1.736 views
BUMDES Desa Galuga
Kepala Desa Galuga, Endang Sujana saat ditemui Kobrapostonline.com di kantornya. (Foto : D.Alek/Andres)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Terkait adanya indikasi pengendapan dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Galuga tahun 2018 dan 2019, Kepala Desa (Kades) Galuga Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, Endang Sujana mengatakan bahwa dana tersebut masih tersimpan di rekening.

“Dananya sudah kita amankan di Bank, dan itu ada. Jumlah totalnya Rp202 juta dari BUMDES 2018 sebesar Rp103 juta dan anggaran tahun 2019 Rp99 juta,” kata Endang saat dikonfirmasi Kobrapostonline di kantornya. Rabu (11/03/2020).

Kades itu juga menjelaskan bahwa, awal mula adanya BUMDES tahun 2012, Desa Galuga merupakan pilot project (proyek percontohan-red) pertama di Kecamatan Cibungbulang yang sudah berbadan hukum.

“Namun BUMDES itu tidak berjalan lagi. Oleh karena itu, rencananya kita akan bentuk struktur kepengurusan baru bulan-bulan ini,” jelasnya.

Menurut Endang, permasalahan terhambatnya pembentukan pengurus BUMDES baru, karena harus merubah Akta Notaris yang lama. Serta dirinya sedang mencari sosok yang tepat dan dapat diandalkan untuk memimpin BUMDES tersebut.

“Saya sudah mengajak H Haryanto salah satu tokoh disini untuk jadi pengurus, karena saya yakin dan percaya beliau pasti bisa memajukan BUMDES Galuga. Namun saya masih menunggu keputusan beliau,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komunitas Bela Rakyat (KOBRA), Mahmudin Nurdin saat diminta tanggapannya mengatakan bahwa pihaknya akan membentuk tim khusus (Timsus) untuk menyelidiki dugaan pengendapan dana tersebut.

“Kita akan bentuk tim khusus. Kami akan melakukan penyelidikan terkait penggunaan dana BUMDES, baik di Desa Galuga maupun desa-desa lainnya,” ungkap Didin Kobra (sapaan akrab Mahmudin Nurdin-red) di kantornya. Senin (16/03/2020).

Baca juga : Kadisdik Kabupaten Gianyar, Intruksikan Rutin Cuci Tangan

Menurut Didin, LSM Kobra akan berkoordinasi dengan pihak penegak hukum untuk melakukan penyelidikan tersebut.

“Jika nanti kita temukan bukti-bukti indikasi penyelewengan dana dan memenuhi unsur tindak pidana, maka akan kita laporkan ke pihak yang berwajib,” tegasnya.

Reporter : D. Alek dan Andres

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *