Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Hari Terakhir, DKPP Kota Bogor Sosialisasi Program Genius di SDN Bubulak 2

1483
×

Hari Terakhir, DKPP Kota Bogor Sosialisasi Program Genius di SDN Bubulak 2

Sebarkan artikel ini
dkpp kota bogor
Simbolis pemberian baju Program Genius kepada siswa SDN Bubulak 2 oleh DKPP Kota Bogor. (Foto: Dok. Junaedi).

BOGOR, Kobra Post Online – Hari terakhir Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor menggelar sosialisasi Program Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius) kepada orang tua murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bubulak 2, Kecamatan Bogor Barat.

Sebelumnya DKPP Kota Bogor telah melakukan sosialisasi serupa di SDN Balungbang Jaya 3, Kecamatan Bogor Barat pada Selasa (3/10) kemarin. Selain itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor, Chusnul Rozaqi, hadir dalam sosialisasi dan edukasi Program Genius ini.

Dalam sambutannya, Kepala DKPP Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan, anak-anak usia sekolah di Indonesia masih menghadapi beragam masalah kesehatan sekolah dan keluarga. Padahal, usia anak sekolah menjadi siklus yang penting untuk keberhasilan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Ada banyak cara untuk mengetahui makanan bergizi dan cara memperoleh makanan tersebut. Hanya dengan informasi saja tidak cukup. Akan tetapi faktor biologis, budaya dan faktor emosional serta psikologis membantu orang tentang pemilihan makanan yang baik. Pemilihan makanan adalah implikasi dari pendidikan gizi yang berkaitan dengan faktor makanan, manusia dan lingkungan,” kata Chusnul.

Dengan demikian, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya agar pengetahuan seorang Ibu akan gizi menjadi bertambah. Betapa sangat pentingnya untuk mengetahui kadar gizi, perkembangan, juga status gizi untuk anak-anaknya. “Maka dari itu pada kesempatan hari ini, orang tua siswa diberikan bimbingan teknis dan edukasi oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI) IPB,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPP Kota Bogor, Soni Gumilar mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pemenuhan gizi anak kepada seluruh orang tua siswa.

“Sosialisasi dan edukasi ini bertujuan agar bisa memberikan pedoman buat orang tua, bagaimana mempersiapkan dan menyediakan kudapan atau cemilan yang sehat, serta bergizi untuk anak-anak,” kata Soni kepada Kobra Post Online di SDN Bubulak 2, Rabu (4/10).

dkpp kota bogor
Kepala DKPP Kota Bogor, Chusnul Rozaqi, saat membuka sosialisasi dan edukasi kepada orang tua.
Baca juga: DKPP Kota Bogor Gelar Sosialisasi Program Genius di SDN Balungbang Jaya 3

Lebih lanjut Soni mengungkapkan, pihaknya akan memberikan kudapan bergizi kepada seluruh siswa pada Senin (9/10) mendatang. Adapun kudapan ini akan disalurkan selama dua bulan ke depan.

“Di penghujung nanti kita akan lakukan pengukuran ulang siswa, apakah interpensi pemberian kudapan ini adanya perubahan postur pada anak itu. Baik tinggi maupun berat badan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, jika ada perubahan postur anak, maka pemberian cemilan ini dinyatakan berhasil. Penyaluran kudapan ini, sabung Soni, diberikan oleh penyedia jasa catering yang ditunjuk oleh provinsi.

“Kalau kami di daerah hanya menyelenggarakan saja, untuk penyedia itu ditunjuk oleh provinsi. Selain itu, kami juga di daerah bersama Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI) IPB melakukan monitoring dan pengawasan,” jelas Soni.

dkpp kota bogor
Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPP Kota Bogor, Soni Gumilar.
Baca juga: DKPP Kota Bogor Hadirkan Gerakan Pangan Murah

Soni menerangkan, sosialisasi dan edukasi ini melibatkan beberapa stakeholder. Di antaranya AIPGI IPB, Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang memberikan pembiayaan, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

“Jadi ada tiga unsur teknis kita, yaitu DKPP Kota Bogor, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *