Data Kependudukan Memerlukan Kebaharuan

oleh -71 views
Data Kependudukan
Blue Room Disdukcapil Kota Bogor

BOGOR, Kobra PostOnline Data Kependudukan Memerlukan Kebaharuan. Kesadaran warga untuk mengurus akte kelahiran saat ini sudah cukup bagus. Penilaian itu muncul terukur dari persentase jumlah warga yang sudah mengurus kepemilikan akte kelahiran.

Berdasarkan catatan kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor tahun 2021, jumlah warga yang sudah memiliki akte kelahiran mencapai 91,96%. Begitu juga dengan KTP. Persentase perekaman KTP di Kota Bogor sudah mencapai 99,4%.

Tingginya kesadaran warga untuk memiliki akte kelahiran bisa dipahami, begitu juga dengan KTP. Maklumlah, dua jenis dokumen kependudukan itu sangat diperlukan. Baik akte kelahiran maupun KTP adalah dokumen kependudukan yang wajib dimiliki setiap individu. Warga kerap membutuhkan kedua jenis dokumen kependudukan itu sebagai identitas diri yang sah dalam kepengurusan berbagai jenis kepentingan.

Lalu bagaimana dengan akte kematian? Nah yang ini nasibnya berbeda. Sebab kesadaran warga untuk mengurus dan memiliki akte kematian anggota keluarganya, masih sangat rendah.

Loket Disdukcapil Kota Bogor

“Akte kematian biasanya diminta, hanya ketika warga mau mengurus berbagai peninggalan dari mereka yang sudah meninggal. Seperti urusan warisan, urusan perbankan dan lain sebagainya,” ungkap Ade Sumarjo, Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *