Menyelamatkan Mutu Lingkungan dengan LLTT

oleh -635 views
LLTT

BOGOR, Kobra Post Online – Pemerintah Kota Bogor terus mendorong terpenuhinya beragam pelayanan publik. Salah satunya dengan meluncurkan program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT). Wali Kota Bogor, Bima Arya, meluncurkan program ini di UPTD IPAL Tegal Gundil, Bogor Utara,  Selasa lalu. Bentuk layanan ini adalah penyedotan lumpur tinja dari septic tank rumah warga oleh UPTD IPAL Kota Bogor yang pelakasanaannya secara terjadwal.

Untuk mendukung pelayanan tersebut, saat ini UPTD IPAL PUPR Kota Bogor telah memiliki 5 unit mesin penyedot lumpur tinja dengan kapasitas 2 sampai 3 kubik. Pelayanan juga mampu menyentuh kawasan pemukiman yang tergolong cukup padat, karena tersedia dua unit motor tangki dengan kapasitas 0,4 kubik. Harapan dengan adanya layanan ini agar mutu lingkungan di Kota Bogor akan lebih terpelihara. Karena pencemaran limbah cair tinja bisa berkurang.

Mutu lingkungan yang terpelihara, dapat berpengaruh positif pada banyak aspek kehidupan masyarakat. Antaranya, mutu air tanah bisa lebih terjaga. Kondisi itu menguntungkan ketika banyak warga, masih tergantung pada sumber air di sekitar tempat tinggalnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Ketersediaan air bersih tentu dapat membantu terpeliharanya kondisi kesehatan masyarakat. 

Pemerintah Kota Bogor sudah memulai program layanan ini sejak tahun 1996 melalui proyek P3KT. Selanjutnya di tahun 2007 hingga 2020 program ini dikembangkan dan seluruhnya didanai APBD dan APBN. Dalam pengembangan inilah, ikut serta USAID Indonesia melalui program Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS).

“Keikutsertaan kami adalah melakukan pendampingan di sektor layanan air bersih, layanan sanitasi yang aman dan perilaku hidup bersih dan sehat,” jelas Wouter Sahanaya, Regional Manager dan Tim IUWASH PLUS Jawa Barat, DKI Jakarta dan Kabupaten Tangerang. Juga memfasilitasi Pemerintah Kota Bogor dalam pembentukan kebijakan-kebijakan terkait sanitasi, air dan pengarusutamaan gender dalam setiap kegiatan dan pembentukan perjanjian kerjasama lintas regional di bidang konservasi air.

Baca juga : Lima Tahun Program IUWASH PLUS Hadir di Kota Bogor

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *