Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Bahas Isu Terkini, ICMI Orda Kota Bogor Gelar Silakda

590
×

Bahas Isu Terkini, ICMI Orda Kota Bogor Gelar Silakda

Sebarkan artikel ini
icmi orda kota bogor.
ICMI Orda Kota Bogor menggelar  Silaturahmi Kerja Daerah (Silakda) di UIKA Bogor.

BOGOR, Kobra Post Online – Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Kota Bogor menggelar  Silaturahmi Kerja Daerah (Silakda) di UIKA Bogor, Minggu (24/12) kemarin.

Silakda yang berlangsung selama sehari dari pukul 07.30 hingga pukul 16.00 WIB dibuka Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A.Rachim yang juga Ketua Dewan Penasehat ICMI Orda Kota Bogor.

Hadir juga Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Bogor, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan, dewan penasehat, dewan paka dan Orsat se-Kota Bogor.

Silakda yang diikuti 200 peserta mengusung tema “Menyongsong Era Baru Kepemimpinan Nasional Menuju Indonesia Emas 2045”.

Ketua ICMI Orda Kota Bogor, Dr. H. Arief Rachman Badrudin mengatakan, silakda ini merupakan forum silaturahmi tingkat daerah Kota Bogor yang merupakan pertemuan dan forum komunikasi kekeluargaan.

Dalam Silakda, lanjut Arief, dibahas pelaksanaan program kerja dan evaluasi berkala, termasuk masalah koordinasi yang menyangkut kepentingan bersama atau kebijakan publik.

Baca juga: Arief Rachman Badrudin Pimpin ICMI Orda Kota Bogor

Menurut Arief, program tunggal ICMI sebagai penciri SDM terbaru yang dikenal 5K. Yaitu peningkatan kualitas iman, peningkatan kualitas pikir, peningkatan kualitas karya, peningkatan kualitas kerja dan peningkatan kualitas hidup.

“Program keberhasilan yang menjadi jejak prinsip 5K ICMI diantaranya Bank Muamalat, Pinbuk (BMT, Kopetasi, BPRS), media Republika, rumah aakit, Dompet Dhuafa, sekolah unggulan, dan bisa wujudkan di Kota Bogor,” katanya.

icmi orda kota bogor

Lanjut Arief, modal utama ICMI adalah entitas keislaman yang besar dan kuat, jaringan intelektual seperti sebaran perguruan tinggi, jaringan institusional seperti sebaran pengurus di lembaga pemerintahan dan NGO, ormas Islam, serta jaringan finansial berupa unit usaha produktif seperti BMT, dah koperasi.

ICMI Orda Kota Bogor dan Orsat se-Kota Bogor berharap dengan Silakda dapat menghasilkan program kerja yg bermanfaat untuk masyarakat Kota Bogor.

“ICMI Orda Kota Bogor bertekad mewujudkan tata kehidupan masyarakat madani yang diridhoi Allah SWT. Dengan meningkatkan mutu keimanan dan ketaqwaan, pemahaman dan pengamalan ajaran Islam, kecendekiawanan dan peran cendekiawan muslim,” ungkap Arief Rachman.

Baca juga: ICMI Bogor Barat Gelar Silaksat

Ketua ICMI Orda Kota Bogor itu mengatakan, dalam Silakda juga dibahas isu-isu publik. Ada enam poin isu publik yang perlu direspon oleh ICMI yaitu :

  1. Agama dan kebangsaan: intoleransi, radikalisme, dan terorisme.
  2. Sosial Budaya: stunting, KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), budaya pop anak muda.
  3. Pertanian/pangan: urban farming, dan krisis pangan.
  4. Pendidikan: pendidikan karakter dan isu-isu pendidikan lainnya.
  5. Ekonomi: digital economy, kemiskinan kota.
  6. Lingkungan: perubahan iklim, penanggulangan sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *