Sekdes Sukahati : Sukahati Maju Jika Bergerak Bersama

oleh -1.596 views
Kegiatan Bulan Bhakti Panca Karsa dan Program Kerja 100 Hari Desa Sukahati Kecamatan Citeureup di RW 02 Kp. Nagrog

BOGOR, Kobrapostonline.com – Sekretaris Desa (Sekdes) Sukahati Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Antoni, mengatakan kemajuan sebuah desa tidak terlepas dari kerjasama semua lembaga yang ada. Karena jika tidak bergerak bersama akan sulit untuk menjalankan roda pemerintahan desa.

“Oleh karena itu, kita sedang pacu semua lembaga. Karena jika semua berjalan kita tidak akan sulit menjalankan program-program yang ada. Seperti di bidang kesehatan ada Posyandu, kesejahteraan Ibu-ibu ada PKK, keamanan dari Linmas, produk-produk hukum ada BPD dan pembangunan kita gunakan LPM. Jadi jika semua ini bergerak, sangat mudah untuk memajukan desa,” kata Antoni saat ditemui disela-sela kegiatan bersih-bersih lingkungan di RW 02 Kp. Nagrog Desa Sukahati. Minggu (19/01/2020).

Menurut Sekdes, agar lembaga-lembaga itu berjalan harus menggunakan sistem. Oleh karena itu pihaknya tengah membangun sistem tersebut.

“Misalnya begini, bila kita punya 10 gir maka semuanya harus bergerak. Jika ada satu saja yang tidak bergerak, maka kita cari masalahnya dimana. Kalau bisa kita perbaiki, ya diperbaiki. Jika tidak bisa ya kita ganti dengan yang baru. Nah, kita sedang menggunakan sistem itu,” jelas Toni.

Jika sistem ini berjalan, lanjut Toni, apabila ada yang tidak bisa mengikuti maka akan keluar sendiri dari sistem itu.

“Inilah yang paling sulit, kenapa?. Karena sistem ini kita jalankan di desa yang notabene kental dengan politisnya, berbeda dengan di perusahaan,” tuturnya.

Baca juga : Desa Sukahati Citeureup Gelar Kegiatan Bersih-bersih Lingkungan

Contohnya seperti kegiatan saat ini, tambahnya, kita ajak lembaga untuk monitoring yakni BPD, LPM, Kasatgas, Babinsa dan Babinmas.

“Kalau ada yang tidak ikut, otomatis dia akan keluar dengan sendirinya. Mudah-mudahan kedepannya Sukahati maju dengan bergerak bersama,” pungkas Toni.

Reporter : Rangga A.

Editor : Red

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *