Ratusan Karyawan PT. Tang Mas Cidahu Lakukan Aksi Damai

oleh -2.049 views
Aksi Damai PT Tang MAs Cidahu
Ratusan Karyawan PT Tang Mas Cidahu lakukan Aksi Damai

SUKABUMI, Kobrapostonline.com – Ratusan karyawan PT. Tang Mas Cidahu Sukabumi menggelar aksi damai di halaman pabrik, Rabu (11/09/2019).

Aksi protes tersebut menindaklanjuti pertemuan sebelumnya (Jumat, 06/09/2019) antara pihak manajemen perusahaan dengan para karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak tidak menemukan solusi.

Deden selaku koordinator aksi damai itu menuturkan bahwa, pihak perusahaan sudah jelas-jelas melanggar ketentuan Undang-undang Ketenagakerjaan No.13/2003.

“Pertama tidak ada musyawarah terlebih dahulu, tidak pernah dibicarakan sebelumnya. Yang teman-teman tahu adalah memang sudah dirumahkan, dan tidak ada penjelasan akan di PHK. Tapi nyatanya ketika habis masa dirumahkan, tiba-tiba keluar surat PHK secara sebelah pihak,” jelasnya.

Deden menambahkan pihak perusahaan mengatakan sudah melakukan efisiensi, padahal jelas secara ketentuan harusnya 2 kali. Lebih mirisnya lagi, tidak ada niatan dari perusahaan untuk memberikan kompensasi terhadap karyawan-karyawan yang mau di PHK.

“Itu hanya dengan sekali ketentuan, yang ada dalam surat tersebut dimusyawarahkan secara kekeluargaan. Ini jelas sangat tidak adil bagi karyawan yang mau di PHK,” tuturnya.

Maka dari itu, lanjut Koordinator Aksi itu, PHK ini batal demi hukum. Sekarang juga kita menuntut untuk perundingan masalah PHK untuk tetap dijalankan.

“Sebelum ada kesepakatan, upah mereka pun harus tetap dibayar 100%. Ini yang mendasari kawan-kawan kita hari ini melaksanakan aksi damai,” terang Deden.

Aksi Damai Karyawan PT Tang Mas Cidahu
Aksi Damai Karyawan PT Tang Mas Cidahu

Dalam pertemuan mediasi, Marwan Manajer Operasional PT. Tang Mas saat dihubungi oleh Hendra HRD corporate PT. Tang Mas melalui ponselnya mengatakan, pihak perusahaan menganggap permasalahan ini sudah dikuasakan kepada lawyer/pengacara.

“Pihak perusahaan tidak bisa mengambil keputusan, karena sudah dikuasakan kepada lawyer yang ditunjuk perusahaan,” ujarnya.

Baca juga : Karyawan PT. Tang Mas Cidahu, Desak Perusahaan Bayarkan Upah

Disisi lain, Ahmad Muladi, SH. Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukabumi, mengatakan pihaknya berharap agar perusahaan dapat membayar dan memberikan hak-hak karyawan yang sedang dalam tahap PHK.

“Kita akan terus mengawal sampai ada solusi atau kesepakatan. Mudah-mudahan permasalahan ini tidak sampai ke pengadilan hubungan industrial dan bisa segera diselesaikan secara musyawarah,” harapnya.

Repoter : Yusup S. (Chuba)

Editor : Agus P.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *