Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Terbaru Perpustakaan Mosam di Taman Manunggal

836
×

Terbaru Perpustakaan Mosam di Taman Manunggal

Sebarkan artikel ini

Tempat Favorit Ngabuburit

perpustakaan mosam

BOGOR, Kobra Post Online – Kelurahan Menteng Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor menyulap motor sampah (Mosam) tua menjadi perpustakaan keliling. Mosam tahun 2017 yang sudah tidak lagi dipakai itu disulap menjadi perpustakaan berjalan, dengan dibersihkan terlebih dahulu serta didesain sehingga memiliki fasilitas untuk menyimpan buku dan anak-anak membaca.

Selama bulan Ramadan, perpustakaan mosam yang biasanya berkeliling ke RT RW di Kelurahan Menteng ini menjadi tempat ngabuburit favorit bagi anak-anak di Taman Manunggal, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Kehadiran perpustakaan mosam disambut antuasias anak-anak. Sambil ngabuburit menunggu berbuka puasa, anak memilih buku bacaan sendiri yang ingin dibacanya.

Lurah Menteng, Arief R. Badrudin mengatakan, inisiasi awal ini dilakukan karena melihat mosam yang tak terpakai, kemudian bersama LPM muncul ide untuk menjadikannya perpustakaan keliling sebagai sarana literasi membaca masyarakat.

“Untuk buku-bukunya, ada beberapa sumbangan dari masyarakat ditambah juga dari komunitas kampus, dan perpustakaan. Dengan dibukanya Taman Manunggal ini pengelolaan literasi masyarakat untuk sementara kita tempatkan di sana. Karena ini jadi tempat kumpulnya anak-anak. Apalagi menjelang berbuka puasa, mereka bisa membaca buku yang sudah kami siapkan,” ujar Arief seraya menambahkan, pengelolaan perpustakaan keliling ini dibantu oleh Karang Taruna Menteng.

Baca juga: Kota Bogor Bakal Memiliki Perpustakaan Dilengkapi Teknologi Digital

Ketua Karang Taruna Menteng, Juna mengatakan, pihaknya menindaklanjuti inisiasi dari kelurahan dan LPM yang membuat mosam menjadi perpustakaan keliling.

“Jadi yang menjaga ini adalah anak-anak karang taruna. Kami juga ikut turut serta berkomunikasi dengan RT/RW dan para muda untuk menginformasikan keberadaan perpustakaan mosam keliling ini,” katanya.

Sebagai upaya meningkatkan literasi membaca masyarakat, sambung Juna, pihaknya menyebarkan selembaran fasilitas perpustakaan mosam keliling sebagai sarana membaca anak-anak yang disediakan secara gratis.

Perpustakaan Mosam di Taman Manunggal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *