Menyelamatkan Mutu Lingkungan dengan LLTT

oleh -517 views
LLTT

Sementara itu, Direktur Sanitasi, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Prasetyo mengingatkan. “Salah satu kunci utama dari penyelenggaraan air limbah domestik adalah kualitas pelayanan. Keberadaan tata kelola pelayanan yang baik dan profesional untuk pengelolaan yang terpusat maupun setempat menjadi mutlak adanya.”

Lebih lanjut ia mengatakan, “Tidak sekedar infrastruktur semata. Tapi juga bagaimana menjamin dapat memanfaatkan infrastruktur yang sudah terbangun dengan optimal. Sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat serta memenuhi kualitas pengolahan sesuai persyaratan. Agar hasil pengolahan air limbah domestik sudah aman untuk dibuang kembali ke lingkungan.”

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengungkapkan, peluncuran LLTT di Kota Bogor merupakan program kedua di Indonesia kerjasama dengan USAID IUWASH. Intervensinya sudah terlaksana di 129 lokasi yang bersifat komunal maupun individual. Setelah menerapkan dan mengembangkannya pada skala wilayah dan kawasan, ke depan pengembangan program ini untuk skala kota. Semoga dapat terwujud dan ikhtiar itu tetap perlu dukungan dari masyarakat. (Adv)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *