Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Karnaval Dongdang Semarakan HJB ke-542 di Cijeruk Bogor

34
×

Karnaval Dongdang Semarakan HJB ke-542 di Cijeruk Bogor

Sebarkan artikel ini
dongdang
Karnaval dongdang di Kecamatan Cijeruk meriahkan HJB ke-542.

BOGOR, Kobra Post Online – Sejak pagi buta sebagian masyarakat desa yang menjadi perwakilan desa masing-masing di wilayah Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, tampak sibuk menyiapkan segala rupa aktifitas untuk mengikuti beragam kegiatan peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke- 542, salah satunya karnaval dongdang.

Kegiatan HJB ke-542 yang dipusatkan di lapangan Kantor Kecamatan Cijeruk pada Senin (3/6) menjadi pesta rakyat.

Dengan berbagai macam atribut mulai dari busana adat kasundaan, aneka kuliner dan hasil bumi, hingga merias diri dengan make up yang unik untuk mengikuti salah satu perlombaan, yaitu karnaval dongdang.

Karnaval ini mengarak dongdang yang merupakan warisan budaya Sunda, berupa tempat membawa makanan atau barang hantaran saat hajatan (pesta) atau ada peristiwa istimewa.

dongdang.
Baca juga: Layanan Gratis Warnai Peringatan HJB ke-542 di Kecamatan Rancabungur

Dongdang biasanya berbentuk miniatur bangunan atau kendaraan yang diisi aneka makanan berupa tumpeng, buah- buahan, rebusan hasil bumi, jajanan pasar, cemilan, yang semuanya disusun atau ditampilkan secantik, dan semenarik mungkin. Kemudian diarak sepanjang rute jalan menuju tempat keramaian dalam hal ini ke lapangan Kecamatan Cijeruk.

Sepanjang jalan yang dilintasi, arak-arakan dongdang dengan berbagai bentuk seperti miniatur masjid, rumah adat, saung bambu, kereta kuda hingga kendaraan berhiaskan kupu-kupu lengkap dengan seorang putri kupu-kupu cantik berbusana kebaya merah. Dengan diiringi oleh para pengiring yang nampak berdandan unik dan cantik dari 9 desa di Kecamatan Cijeruk, tampak beratraksi serta berinteraksi menghibur anak-anak sekolah dan masyarakat yang berdiri sepanjang jalan menonton iring-iringan tersebut dengan antusias.

dongdang

Menurut Kasie Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan Cijeruk, Lisnawati, kegiatan peringatan HJB di Kecamatan Cijeruk merupakan rangkaian acara sejak tanggal 30 Mei yang diawali pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan KIA, dan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Kemudian dilanjut pada tanggal 3 Juni hari ini, dengan kegiatan pawai dongdang, upacara, dan aneka lomba yang diikuti oleh seluruh jajaran pegawai kecamatan, desa dan masyarakat luas,” ungkapnya.

Camat Cijeruk, M. Sobar Mansoer yang menyampaikan sambutan Pj Bupati Bogor mengatakan bahwa salah satu fungsi dari peringatan Hari Jadi Bogor adalah momentum istimewa untuk mengenang kembali lahirnya Kabupaten Bogor, merayakan tradisi, seni, budaya dan kearifan lokal serta meneguhkan komitmen bersama, untuk berkontribusi pada perkembangan dan kemajuan Kabupaten Bogor.

dongdang
Baca juga: Hidupkan kembali Tradisi Leluhur, Ciomas Rahayu Gelar Festival Dongdang

Dalam sambutan tertulisnya Pj Bupati Bogor menyampaikan bahwa tema HJB kali ini yaitu “Babarengan, Akur, Makmur” yang mengisyaratkan adanya kebersamaan yang sinergi, kerukunan dan keharmonisan seluruh elemen pemerintah dan masyarakat. Demi mewujudkan Kabupaten Bogor yang maju, makmur, sejahtera, berkeadilan dan berkelanjutan

Kegiatan peringatan HJB ke-542 di Cijeruk semakin meriah dengan digelarnya aneka pertandingan. Sehingga membawa kegembiraan dan antusiasme warga Kecamatan Cijeruk yang berlangsung hingga sore hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *