Jaga Harga Pangan Tetap Stabil, Pemkab Bogor Perbanyak Operasi Pasar

oleh -1.028 views
Harga Pangan
Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan saat melakukan sidak ke Pasar Citeureup 2. Senin (12/04/2021).

BOGOR, Kobra Post Online – Untuk menjaga harga pangan tetap stabil saat bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan perbanyak menggelar operasi pasar.

“Untuk menjaga harga tetap stabil, kami berencana selama bulan puasa akan memperbanyak operasi pasar dengan menggelar bazar pasar murah. Rencananya akan serentak di 40 kecamatan pada H-7 Idul Fitri. Jadi kalau pemerintah hadir di pasar, itu bukan cuma hadir secara fisik saja. Tapi bagaimana merencanakan, mengatur, dan mengelola harga agar tetap stabil,” kata Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan saat melakukan sidak ke Pasar Citeureup 2. Senin (12/04/2021).

Adapun tujuan sidak ke pasar, terang Iwan, pihaknya ingin melihat langsung kondisi menuju bulan Ramadhan. Seperti salah satunya berdasarkan data, harga ayam dan telur mengalami surplus, namun ternyata ada kenaikan harga.

“Kalau memang surplus, harusnya harganya tidak boleh naik. Kami minta Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor dan instansi terkait lainnya mengevaluasi ini. Tugas PD Pasar dan Disperdagin serta dinas terkait lainnya untuk mengontrol semua harga,” tandasnya.

Terkait daging, Wabup menuturkan bahwa, pasokannya masih aman. Menurutnya, hasil dari diskusi bersama Disperdagin dan pihak lainnya, daging beku justru lebih higienis. Karena benar-benar memperhatikan kualitas kebersihan dan kesehatannya.

“Namun karena isu miring yang beredar di tengah masyarakat, sehingga daging beku kurang laku, padahal lebih steril,” jelasnya.

Baca juga : Warga Karang Asem Barat Citeureup Terima Bantuan Sembako

Iwan menegaskan, Pemkab Bogor akan bekerjasama dengan para distributor. Karena biasanya harga pangan akan naik saat menjelang Idul Fitri.

“Kami tidak ingin seperti itu lagi. Kami ingin ada perubahan agar harga tetap stabil. Nanti kami akan mengintervensi harga pasar dengan daging tersebut,” tegasnya.

Wabup juga memastikan bahwa stok pangan untuk masyarakat Kabupaten Bogor masih aman. Namun tetap perlu adanya intervensi harga dari Pemkab Bogor agar stabil sampai Idul Fitri nanti.

“Apa yang kami dapat hari ini di lapangan akan kami tindak lanjuti dengan rapat koordinasi bersama pihak-pihak terkait,” pungkas Iwan.

Reporter          : Didon

Editor              : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *