HIPMI : BLK Kota Bogor Salurkan Tenaga Kerja Siap Pakai

oleh -126 views
pelatihan kompetensi
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor, Elia Buntang.

BOGOR, Kobra Post Online – Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Kota Bogor Zulfikar Priatna mengatakan, pihaknya menjalin kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Bogor. Karena BLK sekarang  bukan saja sekedar tempat pelatihan dan penyaluran tenaga kerja, juga melatih etos kerja serta skil yang sangat menentukan untuk kelayakan bekerja.

Menurut Zulfikar, para peserta yang mengikuti latihan kerja di BLK adalah alumni dari institusi lembaga pendidikan yang umumnya hanya sekedar meluluskan sekolah saja. Maka Balai Latihan Kerja Kota Bogor yang  melatih calon-calon tenaga kerja siap pakai.

“Seharusnya lembaga pendidikan memikirkan bagaimana dapat meloloskan dalam ujian kehidupan. Agar mereka bisa merubah sikap pola hidup menuju masa depan yang lebih baik,” kata Zulfikar kepada Kobra Post online di sela acara pelatihan kerja di BLK Kota Bogor, Jalan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kamis (16/09/2021).

Di tempat yang sama, anggota DPRD Kota Bogor dari Komisi 4 Said Muhammad Mohan berharap para pemuda yang belum mendapat lapangan kerja bisa memanfaatkan keberadaan BLK di Kota Bogor.

“Tentunya harus menjadi tolak ukur untuk merubah hidup yang lebih baik. Silahkan manfaatkan  BLK oleh para alumni yang belum mendapat kesempatan kerja,” harap Said.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor, Elia Buntang mengatakan, melihat kondisi saat ini mengenai pendidikan khususnya di SMK. Karena masih banyak para alumni yang menganggur tidak punya pekerjaan secara layak.

“Penyebabnya mungkin ini karena salah sistemnya, sehingga dunia usaha tidak bisa menyerap tenaga kerja dari para alumni SMK,” kata Elia.

Baca juga : Muzakkir : PKL Dapat Kios dan Los Gratis

Kedepan, kata Elia, BLK akan menjalin kerjasama dengan SMK untuk  mengadakan latihan kerja langsung di setiap sekolah kejuruan, agar para alumni bisa terserap di dunia kerja.

“Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) siap memfasilitasi dan menjalin hubungan kerja dengan pihak pengusaha atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja siap pakai,” pungkasnya.

Reporter              : Hamid

Editor                    : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *