Gerakan Pramuka Kota Bogor, Berpatisipasi Dalam Penanganan Pandemi

oleh -1.973 views
Pramuka
Rapat kerja Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor. (Foto : Dok. Diskominfo Kota Bogor)

BOGOR, Kobra Post Online – Gerakan Pramuka sejatinya merupakan sebuah organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan.

Pramuka merupakan kata singkatan dari Praja Muda Karana, yang berarti “jiwa muda yang suka berkarya”. Namun sebelum menggunakan istilah itu, pengambilan kata Pramuka oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata Poromuko yang berarti, pasukan terdepan dalam perang.

Bila merujuk pada pemaknaan kata, maka arahan Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor, menjadi sesuai dengan makna kata pramuka. Pada saat membuka rapat kerja Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor baru-baru ini, Dedie A Rachim selaku ketua mengingatkan, pentingnya para anggota pramuka di Kota Bogor untuk berperan aktif dalam upaya mengatasi pandemi covid-19.

Menurut Wakil Wali Kota Bogor ini, dari sekian banyak hal yang perlu menjadi perhatian penting dalam gerakan kepramukaan di Kota Bogor. Salah satunya adalah berperan dalam menangani pandemi. Tentunya ini merupakan sikap yang jelas menggambarkan sifat gerakan pramuka sebagai pasukan terdepan dalam perang. Tentu dalam hal ini, perang melawan penularan covid-19 di tengah masyarakat.

Untuk itu awal Maret lalu, telah adanya pengukuhan 60 anggota Pramuka Kwarcab Kota Bogor yang bergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor. Pembentukan mereka sebagai amunisi tambahan dalam perang melawan Covid-19.

“Satu tahun pandemi telah berlangsung. Meski terbilang agak terlambat pembentukan ini. Namun tidak ada kata terlambat untuk terus memberikan sumbangsih dalam menuntaskan Covid-19 di Kota Bogor,” kata Dedie pada saat acara pengukuhan tersebut.

“Di Indonesia, ada 33 ribu orang yang meninggal karena covid. Di Kota Bogor, 11 ribu orang selama setahun yang sudah terpapar. Perang kita sama, hanya pelurunya saja tidak kelihatan. Tugas adik-adik, jangan sampai membiarkan dan mengabaikan prokes,” pesannya kepada anggota tim pengukuhan.

Baca juga : Memahami Anugerah Kebudayaan
Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *