Bupati Sukabumi Bagikan 60 Ribu Bibit Tanaman

oleh -1.247 views
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyerahkan 60 ribu bibit pohon yang diberikan secara simbolis kepada 15 orang penerima.

SUKABUMI, Kobrapostonline.com – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membagikan 60 ribu bibit tanaman kepada masyarakat Cibodas melalui program bibit desa dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup di Desa Cibodas Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Kamis (06/02).

Menurut Bupati, Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat, tengah memprogramkan pembangunan 1000 Kebun Bibit Desa (KBD). Kegiatan itu sebagai upaya membudayakan menanam pohon dikalangan masyarakat untuk menghijaukan kembali khususnya lahan kritis.

“KBD adalah area lahan beserta perlengkapan pembibitannya.  KBD dibangun dan dikelola atas inisiatif masyarakat termasuk memproduksi bibit sendiri. Sehingga diperoleh kesinambungan budidaya komoditas yang diusahakan serta diperoleh keuntungan ekonomi,” ungkapnya.

H. Marwan menghimbau agar seluruh desa di Kabupaten Sukabumi memiliki KBD, terutama desa di Kecamatan yang rawan longsor dan banjir atau lahannya banyak yang rusak.

Lebih lanjut, Bupati menyatakan bahwa pembagian bibit tanaman kepada masyarakat, bukan semata-mata untuk memperbaiki lahan yang rusak saja. Akan tetapi setelah menjadi KBD harus diperhatikan nilai ekonomis, ekologi serta nilai estetikanya.

“Pola tanam yang diperhatikan harus dapat mengakomodasi restorasi dan reintroduksi jenis-jenis tanaman di kawasan tersebut dan keinginan masyarakatnya adalah agroforesty atau pola tanam yang memiliki banyak manfaat,” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Cibodas Junajah, menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini untuk membagikan bibit tanaman sebanyak 60 ribu pohon unggulan kepada masyarakat Desa Cibodas.

“Desa Cibodas telah ditunjuk untuk program Kebun Bibit Desa (KBD) dari Kementerian sebanyak 60.000 bibit pohon unggulan,” terangnya.

Baca juga : Kapolres dan Ketua DPRD Akan Hadiri Puncak HPN Bekasi Raya

Kades pun meminta masyarakat agar memanfaatkan bibit pohon tersebut dengan menanamnya secara baik dipelihara secara intensif.

“Kita sudah diberikan banyak bibit pohon, jadi kita manfaatkan untuk penghijauan di wilayah kita,” tegasnya.

Reporter : Yusup Supandi (Chuba)

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *