Desa Kalong Liud Kemas Wisata Experiential

oleh -1.255 views
Wisata Air River Tubing
Wisata Air River Tubing Desa Kalong Liud

BOGOR, Kobrapostonline.com – Manfaatkan area pertanian yang mayoritas ladang pesawahan dan Sumber Daya Alam (SDA) aliran sungai cikaniki Desa Kalong Liud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, kemas wisata Experiential.

Menyuguhkan cara menikmati waktu libur yang berbeda dan unik. Paket wisata yang diambil ialah untuk destinasi yang berharga dan membuat pengalaman wisata lebih terasa dan memberi makna berarti.

Jani Nurjaman Kepala Desa Kalong Liud menjelaskan, pada wisata Experiential kalong liud pengunjung bukan hanya sekedar merasakan sensasi menghanyut dengan sarana ban di sungai, namun wisatawan juga dapatkan pengalaman tersendiri, seperti budaya dan keragaman yang ada di Desa Kalong liud.

Hal inilah yang membuat wisata experiential kalong liud sangat berharga dan diharapkan mampu menciptakan pengalaman bermakna bagi para wisatawan.

“Kita Lebih mengedepankan Wisata Experiential yaitu salah satunya River Tubing, di dalamnya tamu atau wisatawan dapat melakukan keseharian masyarakat disini. Seperti bercocok tanam padi, juga biasa memandikan kerbau, dan saya coba tawarkan itu kepada wisatawan bagaimana sih caranya memandikan kerbau,” ujarnya. Jumat, (07/02/20).

Baca juga : Bupati Sukabumi Bagikan 60 Ribu Bibit Tanaman

Jani menambahkan, wisata yang kental dengan kebudayaan di wilayahnya itu diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga.

“Makan juga kita di sini makan nasi liwet yang biasa dilakukan warga kita saat berada di pesawahan. Kita makan dengan daun pisang, bila perlu wisatawan juga bisa masak sendiri dengan bahan yang telah kami siapkan,” pungkasnya.

Melalui unit desa wisata salah satu unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Berkah Bersama, wisatawan bisa mendaftar untuk ikut berwisata di desa wisata kalong liud.

Pengurus staf BUMDES Juwita Anggraeni menjelaskan, biaya yang harus dikeluarkan wisatawan tergolong relatif murah, yakni paket pertama untuk 5 Orang Rp. 650.000,- dan paket kedua untuk 10 Orang Rp. 1.350.000,- sudah termasuk konsumsi, transportasi, perlengkapan keselamatan, tour guide, dokumentasi dan asuransi.

“Kita kembangkan paket wisata air River Tubing plus wisata edukasi juga. Karena tidak hanya mengarungi sungai cikaniki saja tapi nanti di tengah-tengah kita suguhkan Coffee Break, nah disitu nanti kita edukasi tentang pertanian, nanti di finish kita makan,” jelasnya.

Reporter : Andres

Editor : Agus P.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *