Sungai Ciliwung Meluap, Tebing di Lebak Pilar Sempur Longsor

oleh -1.898 views
Sungai Ciliwung Meluap, Tebing di Lebak Pilar Sempur Longsor

BOGOR, Kobrapostonline.com – Aliran Sungai Ciliwung yang meluap akibat hujan deras menyebabkan tebing setinggi 5 meter di Kampung Lebak Pilar RT 04 RW 03 Kelurahan Sempur Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, longsor. Kamis (20/02).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Priyatna Syamsah mengatakan, longsor tersebut terjadi sekitar pukul 06.30 WIB karena terkikisnya tanah tebing oleh derasnya aliran sungai selebar mencapai 8 meter, Sehingga mengakibatkan satu unit rumah warga terancam ambruk.

“Satu unit rumah warga terancam ambruk akibat longsor tersebut, yakni rumah milik Iis yang berpenghuni 6 orang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Untuk sementara waktu penghuni rumah mengungsi ke kediaman orang tuanya,” ujarnya.

Priyatna menambahkan, pihaknya melalui TRC-PB BPBD Kota Bogor telah melakukan Assessment terhadap tebingan yang longsor di lokasi kejadian.

Sementara itu, Camat Bogor Tengah Agustian Syah menegaskan akan membongkar rumah tersebut karena dianggap membahayakan. Sedangkan tebing longsor itu merupakan milik Provinsi Jawa Barat, yang akan diperbaiki oleh Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane.

Baca juga : Longsor di Kampung Cibolang Ciawi Telan 4 Korban

“Kita akan bongkar pondasi bahwahnya. Karena informasi yang kita peroleh, pemilik khawatir longsoran tersebut merembet ke bagunan depannya. Tidak ada ganti rugi, sebab itu bukan tanah mereka,” tegasnya.

Reporter : Dede N.

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *