Scroll untuk baca artikel
Opini

Raharja Gawe Rancage

57
×

Raharja Gawe Rancage

Sebarkan artikel ini

H. Arief Rachman Badrudin. (Lurah Menteng Bogor Barat).

H. Arief Rachman Badrudin. (Lurah Menteng).

Kobra Post Online – Hari Jadi Bogor diperingati setiap tahun pada tanggal 3 Juni. Tanggal ini diambil saat penobatan Raja Pajajaran Sri Baduga Maharaja pada 3 Juni 1482. Penobatan Raja Pajajaran diikuti dengan upacara Kuwedabhakti yang digelar selama beberapa hari. Penetapan Hari Jadi Bogor yang jatuh pada tanggal 3 Juni diresmikan saat sidang Pleno DPRD Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor di tahun 1972.

Pada tahun 2024 ini tema Hari Jadi Kota Bogor ke-542 adalah Raharja Gawe Rancage.

Makna Raharja dalam bahasa Indonesia adalah makmur sejahtera atau berkecukupan dan sejahtera. Dalam konteks lain, Raharja juga dapat berarti kesejahteraan atau keadaan yang berkecukupan. Dalam beberapa konteks, seperti dalam nama perusahaan atau organisasi, Raharja dapat memiliki makna yang lebih spesifik, seperti bakti kepada masyarakat atau kesadaran masyarakat atas pentingnya kelancaran transportasi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.

Gawe artinya kerja atau perbuatan. Sedangkan makna Rancage dalam bahasa Sunda adalah cakap atau punya banyak kemampuan serta berhati teguh. Dalam beberapa konteks, seperti dalam nama perusahaan atau organisasi, Rancage dapat memiliki makna yang lebih spesifik, seperti kreatif atau berkecukupan. Dalam Kamus Bahasa Sunda Online, Rancage juga berarti cakap. Dalam beberapa sumber, Rancage juga memiliki makna yang lebih luas, seperti berkecukupan atau kesejahteraan.

Jadi, tema ini dapat diartikan bahwa kesejahteraan warga dapat dihasilkan dari setiap program pembangunan dan ikhtiar menuju pelayanan yang lebih baik lagi. Logo ini juga menggambarkan keberlanjutan pembangunan tanpa menghilangkan karakter Kota Bogor yang hijau dan heritage, serta mampu menjadi ikon-ikon baru di Kota Bogor.

Perayaan HJB 2024 dilakukan dengan berbagai kegiatan, termasuk pawai helaran yang memeriahkan puncak acara. Ribuan warga Kota Bogor menyaksikan pawai helaran yang berlangsung dari Jalan Ir H Juanda dan berpusat di Jalan Jenderal Sudirman.

Penampilan-penampilan berbagai jenis kesenian daerah seperti drumband, budaya sunda, wayang bambu, dan lainnya memeriahkan acara ini.

Ada beberapa acara budaya yang dihadirkan antara lain:

Penampilan Tari Pesona Indonesia: Acara ini berupa penampilan tari tradisional Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap budaya lokal.

Kaulinan: Acara ini berupa kegiatan budaya yang terkait dengan tradisi dan budaya setempat, seperti tarian, musik, dan lain-lain.

Dengan demikian, tema “Raharja Gawe Rancage” berfokus pada meningkatkan kesadaran, dan apresiasi terhadap budaya lokal melalui berbagai acara budaya yang dihadirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *