Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Pemanfaatan Teknologi Cisco dalam Meningkatkan Efisiensi Jaringan dan Pembelajaran di SMK Bina Mandiri

483
×

Pemanfaatan Teknologi Cisco dalam Meningkatkan Efisiensi Jaringan dan Pembelajaran di SMK Bina Mandiri

Sebarkan artikel ini

Oleh Mahasiswa Universitas Pamulang

universitas pamulang.
Pratik oleh siswa didampingi oleh mahasiswa Universitas Pamulang.

BOGOR, Kobra Post Online – Mahasiswa semester V Jurusan Teknik Informatika Universitas Pamulang (Unpam) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Mandiri Kota Depok, pada beberapa waktu lalu.

Ketua Kelompok PKM, Salsabila Azhari Putri mengatakan, dalam Program PKM ini berjudul “Pemanfaatan Teknologi Cisco dalam Meningkatkan Efisiensi Jaringan dan Pembelajaran di SMK Bina Mandiri”. Kelompoknya itu beranggotakan 10 orang yang seluruhnya mahasiswa semester V, dan program ini dilaksanakan selama satu hari.

“Jadi kebetulan juga SMK ini ada jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang mana sesuai dengan jurusan kita pundi di Universitas Pamulang. Maka kelompok kami menyepakati bahwa akan melaksanakan PKM di SMK Bina Mandiri,” kata Caca sapaan akrabnya kepada Kobra Post Online via WhatsApp, Rabu (29/11).

Lanjut Caca, kelompoknya mengajar di kelas X yang memiliki dua rombongan belajar (rombel). Menurutnya, dari 10 orang itu dibagi menjadi dua, yakni tim materi dan praktik.

“Kita bagi dua tim, lima di X TKJ 1 dan TKJ 2. Jadi siswa TKJ 1 saat pagi mendapatkan lima pemateri, di siang hari lima orang pembawa praktik. Begitupun dengan TKJ 2,” ungkapnya.

Pemberian materi kepada siswa.
Baca juga: Tata Kelola Kearsipan Desa Dalam Perspektif Hukum, Ini Kata Dekan FH Universitas Yarsi

Ia menggambarkan, pelaksanaan teknisnya itu menggantikan peran guru utama untuk mengajarkan para siswa. “Kami telah meminta izin kepada kepala sekolah dan guru utamanya. Alhamdulillah sekolah sangat terbantu dengan kehadiran kelompok kami di sekolahnya,” terangnya.

Caca menerangkan bahwa kelompoknya itu mengajarkan pengenalan dasar jaringan komputer, kepada seluruh siswa kelas X jurusan TKJ dengan menggunakan aplikasi cisco.

“Kita berikan dulu materinya, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung yang dibimbing oleh kelompok kami,” ujarnya.

Mahasiswa Universitas Pamulang melaksanakan PKM di SMK Bina Mandiri.
Baca juga: Buntut Kasus Pelecehan di UIKA, Ratusan Mahasiswa Demonstrasi

Ia menjelaskan, Program PKM ini merupakan standar kelulusan baru di Universitas Pamulang. Program ini hampir serupa dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari universitas lain.

“PKM adalah sebagai wadah kepedulian mahasiswa terhadap lingkungannya. Setelah itu mahasiswa akan mendapatkan sertifikat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *