Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Market Day SDN Malabar, Bangun Jiwa Kewirausahaan Produk Kearifan Lokal

81
×

Market Day SDN Malabar, Bangun Jiwa Kewirausahaan Produk Kearifan Lokal

Sebarkan artikel ini
market day
Pameran karya siswa dan market day SDN Malabar. (Foto: Dok. Istimewa).

BOGOR, Kobra Post Online – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Malabar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, menggelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Membangun Jiwa Kewirausahaan Melalui Hasil Produk Kearifan Lokal”, pada Kamis (20/6) kemarin.

“Anak-anak memanfaatkan hasil tani yang ada di sekitar lingkungan sekolah. Yaitu mengolah umbi-umbian menjadi makanan sehat, bervariasi dan bernilai jual tinggi,” kata Kepala SDN Malabar, Nina Rodiana kepada Kobra Post Online, Jumat (21/6).

Lanjut Nina, P5 di sekolahnya ini diikuti oleh kelas I hingga VI. Dalam kegiatan ini, diisi dengan gelar karya hasil siswa, market day, dan bazar pakaian layak pakai.

“Dalam market day itu memproduksi aneka jajanan tradisional yang berasal dari umbi-umbian. Seperti kue klepon, misro, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

market day.
Kepala SDN Malabar, Nina Rodiana.
Baca juga: SDN Malabar Gelar Persari dan Persela, Bertemakan Stop Bullying

Ia menjelaskan bahwa dalam gelar karya itu, para siswa-siswi menampilkan produk hasil karyanya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sederhana.

“Jadi mereka memanfaatkan bahan-bahan sederhana, salah satunya kardus. Lalu mereka membuat karya sesuai dengan ide-idenya,” jelas Nina.

market day

Mengenai bazar, Nina memastikan pakaian yang dijual itu sangat layak dipakai dengan harga yang bervariatif, mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 75 ribu.

“Insya Allah masih sangat layak pakai. Kegiatan ini berlangsung di halaman sekolah. Jadi para siswa itu membuka stand”” ucapnya.

market day
Bazar pakaian.
Baca juga: Market Day Ceu Haji SDN Balungbang Jaya 3

Kepsek berharap dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan diri sesuai minat dan bakat serta potensi yang dimilikinya.

“Lalu, karakter yang diharapkan yaitu siswa mampu menanamkan profil pelajar Pancasila. Di antaranya beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, serta bernalar kritis,” harapnya mengakhiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *