KKN-T IPB Laksanakan JARAPAH di Desa Jaya Bakti

oleh -1.839 views

SUKABUMI, Kobrapostonline.com – Fakultas Kehutanan Ekonomi Management Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan program Jarapah (Jayabakti Kurangi Sampah) selama 42 hari di Desa Jaya Bakti Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Adapun kegiatan tersebut melibatkan seluruh lapisan masyarakat, membersikan irigasi dari sampah. serta melanjutkan program Desa Jaya Bakti, Jumat Bersih (Jumsih).

Aditya salah satu mahasiswa IPB yang terlibat dalam kegiatan tersebut, Jumat (19/07/2019) mengatakan, pihaknya ingin melanjutkan program Desa Jaya Bakti, yaitu jumat bersih.

“Sangat di sayangkan program tersebut tidak berlanjut alias vakum, kami ingin menghidupkannya kembali. Kami sudah melaksanakan kegiatan ini tiga kali, didepan mesjid samping kantor desa serta di sekitaran kantor dan di Dusun Pangsor,” katanya.

Aditya melanjutkan, terakhir saat ini sedang melaksanakan kegiatan tersebut di Kampung Cikalong RW.01 yang dibantu oleh ketua Karang Taruna.

“Alhamdulillah semua lapisan masyarakat ikut membantu kegiatan kami. Semoga kedepanya masyarakat Desa Jaya Bakti peduli terhadap lingkungan, dan program Jumsih terus berlanjut setelah kami selesai dari sini,” harapnya.

Di tempat yang sama disela-sela kegiatan Jumsih, Rahmat Ketua Karang Taruna Desa Jaya Bakti Kecamatan Cidahu mengatakan, kegiatan ini InsyaAllah akan dijadikan kegiatan rutin setiap minggunya di RW.01 Kp. Cikalong. Salah satunya penanganan di jalur sungai yang melintasi Cikalong, karena kondisi air sungai yang sedang surut sehingga sampah jadi menumpuk.

“InsyaAllah program ini akan terus saya galakan agar pencemaran lingkungan bisa teratasi. Dalam waktu dekat ini, kita akan adakan program pemungutan sampah. Desa Jaya Bakti khususnya Kp. Cikalong harus bersih, resik dan rapih,” ujarnya.

Repoter : Yusup S. (Chuba)
Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *