Hari ini, Positif Covid-19 di Kota Bogor Melonjak 16 Kasus

oleh -1.150 views
Wali Kota Bogor
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Foto : YT Pemkot Bogor)

BOGOR, Kobrapostonline.com – Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, hari ini, Rabu (10/06/2020), kasus positif Covid-19 di Kota Bogor bertambah sebanyak 16 kasus. Lonjakan penambahan tersebut diduga bersumber dari rumah sakit (RS) dan luar wilayah Kota Bogor.

“Ini merupakan kasus terbanyak selama masa pandemi virus corona di Kota Bogor. Setelah didalami dan dipelajari disebabkan adanya penularan yang bersumber dari rumah sakit. Ada tiga RS rujukan Covid-19 yang diduga menjadi tempat penularan terbesar, lalu dari luar Kota Bogor,” kata Bima saat konferensi pers online update data Covid-19 Kota Bogor. Rabu (10/06) sore.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, lanjut Wali Kota, masih melakukan pendalaman untuk beberapa kasus yang lain agar bisa dipetakan dan segera ditangani secara cepat. Menurutnya, beberapa kasus juga bersumber dari salah satu kantor di Balai Kota Bogor.

“Langkah-langkah yang akan dan sudah kita lakukan adalah dengan memperkuat protokol kesehatan di seluruh rumah sakit. Saya memerintahkan Dinas Kesehatan untuk melakukan audit terkait dengan fasilitas dan sistem protokol kesehatan. Tidak saja di RS rujukan Covid-19, tetapi di seluruh RS dan Puskesmas di Kota Bogor,” ungkapnya.

Apabila melihat komposisi yang ada saat ini, masih kata Bima, ada 59 kasus positif Covid-19 dengan rincian 21 pasien di rawat di RS dan 38 orang melakukan isolasi mandiri.

Setelah dilakukan evaluasi, tambahnya, Pemkot Bogor memutuskan untuk mengarahkan semua isolasi mandiri dipusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor.

“Pemkot Bogor memutuskan untuk mengarahkan semua isolasi mandiri di RSUD Kota Bogor. Jadi kedepan tidak ada lagi isolasi mandiri, tetapi seluruhnya akan ditangani di RSUD. Ini untuk memastikan adanya pengawasan yang ketat atas kasus positif Covid-19,” tegasnya.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *