Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Via Online dan Offline

677
×

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Via Online dan Offline

Sebarkan artikel ini
Cara bayar BPJS ketenagakerjaan

Kobra Post Online BPJS ketenagakerjaan merupakan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Premi yang dibayar biasanya ditentukan berapa persen yang dibayar dari perusahaan dan berapa dari karyawan. Pembayaran premi dilakukan oleh perusahaan setiap bulan. Cara bayar BPJS ketenagakerjaan bisa dilakukan secara online maupun offline.

Dalam sebuah Perusahaan, divisi yang bertanggung jawab dengan pembayaran BPJS ketenagakerjaan adalah HRD. Cara pembayarannya sendiri bisa langsung setor ke kantor BPJS dan e-payment sistem yang bekerja sama. e-payment tersebut bisa menggunakan ATM, setor tunai ke bank, lewat merchant maupun marketplace yang bekerjasama.

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Via Online dan Offline

Sebelumnya, hampir semua membayar BPJS ketenagakerjaan secara offline. Namun dengan perkembangan digitalisasi, pembayaran dengan online menjadi pilihan banyak orang karena mudah dan praktis. Pembayaran bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang menerapkan sistem autodebet untuk pembayaran BPJS tenaga kerja.

Baik online maupun offline, pembayaran BPJS sebenarnya sama mudahnya. Hanya saja jika dengan offline harus datang ke kantor BPJS dan kadang perlu mengantri yang cukup lama. Karena itu pembayaran dengan online menjadi pilihan banyak orang atau perusahaan.

1. Pembayaran secara online

Dengan adanya pembayaran online Anda bisa memenuhi kewajiban dengan mudah. Anda pun tidak perlu antri dan pergi kemana-mana sebab pembayaran bisa dilakukan dari mana saja. Pembayaran online juga meminimalkan kemungkinan Anda terlambat membayar karena lupa sebab bisa mengaktifkan fitur autodebet.

Untuk pembayaran dengan online, opsi yang bisa menjadi pilihan beragam. Anda bisa menggunakan internet banking maupun e-wallet yang bekerja sama dengan BPJS ketenagakerjaan. Selain itu bisa juga dengan mengunjungi merchant, transfer dari ATM maupun menggunakan marketplace terpercaya, Blibli. Contoh pembayaran secara online:

a. Melalui e banking, sebagai contoh dengan BRI atau Brimo

  • Buka aplikasi Brimo dengan memasukkan username dan PIN
  • Pilih opsi pembayaran BPJS
  • Masukkan nomor peserta yang tertera pada kartu BPJS ketenagakerjaan
  • Masukkan kode pembayaran
  • Masukkan PIN, proses selesai

b. Melalui Blibli

  • Login ke akun Blibli, baik melalui website maupun aplikasi
  • Selanjutnya pilih Tagihan dan Isi Ulang
  • Lanjutkan dengan memilih BPJS ketenagakerjaan
  • Sistem secara otomatis akan menampilkan jumlah tagihan
  • Pilih opsi pembayaran yang disediakan oleh Blibli
  • Setelah pembayaran selesai, Anda akan mendapat notifikasi

2. Pembayaran secara offline

Pembayaran secara offline saat ini juga semakin mudah karena adanya sistem yang terkoneksi dengan cepat. Anda bisa memilih untuk membayar langsung ke kantor BPJS, melalui merchant maupun lewat kasir bank. Salah satu merchant yang menerima pembayaran BPJS adalah Indomaret. Jika ingin membayar langsung ke kantor BPJS adalah:

  • Datang ke kantor BPJS sesuai jam pelayanan
  • Mengambil antrian dan formulir untuk pembayaran
  • Mengisi semua kolom yang tersedia
  • Menyerahkan uang pembayaran kepada petugas
  • Petugas akan memproses pembayaran tersebut dan menyerahkan bukti penerimaan uang

Dari sekian cara bayar BPJS ketenagakerjaan, membayar melalui Blibli cukup praktis, mudah dan cepat. Anda hanya perlu waktu beberapa menit untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Kemudahan cara bayar BPJS ketenagakerjaan melalui Blibli menjadi alasan banyak orang memilih marketplace ini.

Selain itu, pembayaran di Blibli juga aman, mudah dan cepat. Anda cukup melakukan beberapa langkah saja untuk menyelesaikan transaksi. Pembayaran juga bisa dilakukan kapan saja tanpa dibatasi waktu dan jam operasional. Kini saatnya Anda menggunakan Blibli karena cara bayar BPJS di marketplace ini mempunyai banyak keunggulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *