Angkot di Scraping, Bus Trans Pakuan Pengaspal

oleh -379 views
Scraping
Scraping angkot.

BOGOR, Kobra Post Online – Bulan November 2021 menjadi momentum terbaru bagi penataan transportasi di Kota Bogor. Sebelumya Pemerintah Kota Bogor telah meluncurkan berbagai program seperti rerouting (penggabungan trayek), reduksi (peremajaan) dan kini konversi (3 angkot menjadi 1 bus).

Konversi angkot terus di akselerasi, selain untuk mengurangi beroperasinya angkot di Kota Bogor juga memberikan sarana dan prasarana transportasi yang nyaman serta memudahkan bagi masyrakat.

Wali Kota Bogor Bima Arya memimpin langsung proses konversi, Senin (1/11/2021) kemarin di GOR Pajajaran. Pelaksanaannya dengan skema scraping menggunakan alat berat. Serta mencabut izin trayek bagi 147 unit angkot yang kemudian menggantinya menjadi 49 unit bus berukuran sedang. Angkot-angkot tersebut kemudian dibesituakan. Sebagian ada yang menjadi plat hitam dan tidak boleh beroperasi mengangkut penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor Eko Prabowo menepis anggapan dari masyarakat bahwa Pemerintah Kota Bogor telah menghancurkan angkot.

“Jangan bilang dihancurkan, tapi dibesituakan dan berubah menjadi plat hitam,” tandas Eko yang dikonfirmasi Kobra Post Online, Selasa,(2/11/2021).

Eko menegaskan, besi tua maupun plat hitam masih ada nilai ekonomi dan tetap menjadi milik pemilik angkot. “Jadi pemkot hanya menarik perizinannya saja dan tidak ada ganti rugi,” tegasnya.

Lanjut Eko, hingga 2020 lalu, jumlah angkot di Kota Bogor tercatat masih di angka 3.412 unit. Kemudian terus menyusut dengan target akan berkurang menjadi 3.066 unit hingga 2022 mendatang.

“Nanti, totalnya akan semakin banyak angkot yang berkurang sampai 2024. Angkot secara bertahap berkurang, untuk kemudian pada suatu saat nanti di pusat Kota Bogor sudah tidak ada lagi angkot. Angkot hanya akan menjadi feeder,” jelasnya.

Baca juga : 635 Unit Angkot di Kota Bogor Akan Direduksi Konversi Tahun Ini

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *