Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

SDN Gunung Batu 2 Miliki 16 Ekstrakurikuler

745
×

SDN Gunung Batu 2 Miliki 16 Ekstrakurikuler

Sebarkan artikel ini
sdn gunung batu
Ilustrasi ekstrakurikuler. (Foto: Dok. Junaedi-kobrapostonline.com).

BOGOR, Kobra Post Online – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gunung Batu 2, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, memiliki 16 ekstrakurikuler (ekskul) yang meliputi eskul wajib dan eskul pilihan.

“Jadi, para siswa-siswi SDN Gunung Batu 2 bebas memilih ekstrakurikuler yang diinginkan,” kata Kepala SDN Gunung Batu 2, Toto Sumanto kepada Kobra Post Online di ruang kerjanya, Senin (24/7).

Yang wajib itu, kata Toto, Pramuka dan komputer. Sedangkan, ke 16 ekskul ini yang sering mendapatkan juara itu merata. Contohnya aksara Sunda sampai ketingkat kota, PAI yang kaligrafi sering ketingkat kota, dari cabang olahraga berenang dan karate ketingkat kota, serta untuk pramuka memiliki Pramuka Garuda.

Toto menjelaskan, 14 ekstrakurikuler itu terdiri dari Tahfiz, Tilawah Quran, kaligrafi, dokter kecil, aksara Sunda, menggambar dan mewarnai, marching band, tari tradisional, angklung, pencak silat, karate, renang, futsal serta volleyball.

“Untuk fasilitas sarana prasarana bagi ekskulnya kami lengkap. Seperti lapangan, ruangan aula, ruang angklung dan yang lainnya. Jadi semuanya itu dari semua ekskul yang di SDN Gunung Batu 2 ini ada salah satu yang menonjol, seperti dari agamanya, kemudian Sundanya, olahraganya dan ekskul wajibnya,” jelasnya.

Menurut Toto, ekstrakurikuler dokter kecil itu siswa yang di didik untuk melayani siswa dalam memberikan pelayanan kesehatan. Dokter kecil ini merupakan petugas kesehatan yang ada di sekolah. “Jadi ada 10 orang, dari kelas IV lima orang dan kelas V lima orang. Ketika nanti ada penyuluhan dan sebagainya mereka yang bertugas untuk melaksanakan kesehatan di sekolah. Mereka juga ditempatkan di UKS,” terangnya.

sdn gunung batu.
Kepala SDN Gunung Batu 2, Toto Sumanto.
Baca juga: Lomba O2SN, SDN Gunung Batu 2 Raih Juara Umum

Ia menyebutkan, pembimbing ekstrakurikuler ini sebagian dari guru serta sebagian dari luar. Aksara Sunda sekolah memiliki pakarnya, menggambar dan mewarnai dari guru, pramuka dari guru, komputer dari pihak sekolah, volleyball dari guru, renang dari luar, serta tari tradisional dari sanggar.

Sekolah, sambungnya, akan mensupport dari semua ekstrakurikuler yang ada. Jika ada yang berprestasi maka sekolah akan support sampai ketingkat selanjutnya. “Sampai ketingkat provinsi kita akan support, baik dari transportnya dan yang lainnya kita support dari sekolah,” ucapnya.

Dari 16 ekstrakurikuler ini, banyak siswa yang memilih bidang olahraga seperti karate, pencak silat, berenang dan volleyball. “Yang sifatnya olahraga banyak yang diminati. Kalau yang agama kurang lebih ada 10 orang dan yang lain saya belum liat data kembali,” ungkapnya.

Toto berharap agar kedepannya SDN Gunung Batu 2 dapat menjadi sekokah yang berprestasi baik dalam akademik maupun non akademik. “Sehingga anak itu memiliki modal untuk dimasa depannya nanti. Jadi siswa disini yang pada masuk SMP Negeri memakai jalur prestasi, karena zonasinya jauh,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *