Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

PGRI Kecamatan Rancabungur Peringati Hari Guru Nasional 2023, Ini Makna yang Terkandung

398
×

PGRI Kecamatan Rancabungur Peringati Hari Guru Nasional 2023, Ini Makna yang Terkandung

Sebarkan artikel ini
pgri kecamatan rancabungur
PGRI Cabang Kecamatan Rancabungur menggelar upcara bendera dalam rangka Hari Guru Nasional 2023 dan HUT PGRI ke 78. (Foto: Dok. Junaedi).

BOGOR, Kobra Post Online – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor, memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2023 dan HUT PGRI ke 78 dengan upacara bendera di halaman lapangan SMPN 1 Rancabungur, Sabtu (25/11).

Ketua PGRI Kecamatan Rancabungur, Agus Hafiz mengatakan, dalam peringatan HGN 2023 dan HUT PGRI ke 78, PGRI Kecamatan Rancabungur kembali menyelenggarakan upacara bendera. Kegiatan ini bermaknakan “Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju”.

“Artinya bahwa guru itu diharapkan mampu untuk metransformasikan segala kemampuannya ke pendidikan yaitu anak-anak. Dimana anak-anak generasi penerus bangsa dan negara ini, yang akan menggantikan generasi-generasi sekarang untuk kedepannya,” kata Agus kepada Kobra Post Online seusai acara di SMPN 1 Rancabungur.

Lanjut Agus, anak-anak harus dipersiapkan dari sedini mungkin. Dimulai Sekolah Dasar (SD), SMP sampai dengan menjadi sarjana. Dan siap melaksanakan tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Itu makna paling utama yang kita sampaikan dan laksanakan dalam kegiatan HGN tahun ini,” ucapnya.

pgri kecamatan rancabungur
Sekretasis Kecamatan Rancabungur, Nanan Hermawan (kiri), Ketua PGRI, Agus Hafiz (tengah), Kasi Pendidikan dan Kesehatan, Moh. Suryana (kanan).
Baca juga: Halalbihalal PGRI Kecamatan Rancabungur

Ia menjelaskan, tupoksi guru itu ada dua, yakni mendidik dan mengajar. Mendidik itu merupakan metransfer ilmu, sedangkan mengajar lebih kepada akhlak budi pekerti dan sebagainya.

“Maka peran guru ada dua. Jadi metransfer ilmu sesuai dengan bidangnya masing-masing, kemudian mendidik. Mendidik yang perlu digaris bawahi yaitu berkaitan dengan sikap, perilaku disiplin. Akhlakul Karimah itu juga sebagai tugas pokok seorang guru,” jelas Agus yang menjabat Kepala SDN Bantarkambing 2.

Agus berpesan kepada guru-guru agar bisa menepatkan diri sebagai pendidik. Seperti berperilaku, bertutur kata dan bersikap harus mencerminkan seorang guru.

“Mungkin ada guru yang memberikan hukuman kepada siswa agak diluar batas. Maka diharapkan kedepan tidak lagi seperti itu. Apapun kesalahan seorang anak, tetap kita sebagai guru harus mengambil tindakan yang edukatif,” tegasnya.

PGRI Kecamatan Rancabungur.
PGRI bersama Muspika Kecamatan Rancabungur.
Baca juga: Peringati Hari Guru, PGRI Kecamatan Rancabungur Gelar Upacara

Ia menyebutkan, untuk HUT PGRI tahun ini tidak ada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di cabang, karena akan difokuskan kegiatan di luar.

“Kami telah mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Kabupaten Bogor. Seperti seminar, donor darah, pertandingan bulutangkis, tenis meja, paduan suara semua kita ikuti. Puncaknya nanti PGRI Cabang Rancabungur hari Kamis (30/11) dengan tujuan Sari Ater, Subang,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Kecamatan Rancabungur, Danramil 0621-21/Kemang, para kasi kecamatan, ketua K3S, para kepala desa, Babinsa Desa Pasirgaok dan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *