Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Pemkot Bogor Bantu Huntara Untuk Korban Bencana Longsor

322
×

Pemkot Bogor Bantu Huntara Untuk Korban Bencana Longsor

Sebarkan artikel ini
Pemkot Bogor Bantu Huntara Untuk Korban Bencana Longsor
Sekda Kota Bogor, Sofiah Syarifah didampingi Kepala BPBD Kota Bogor meninjau lokasi longsor di Cibogor.

BOGOR, Kobra Post Online – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan hunian sementara (huntara) untuk korban terdampak longsor di wilayahnya.

“Huntara kita siapkan dengan menggunakan Dana Biaya Tak Terduga (BTT) APBD Kota Bogor,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Bogor, Sofiah Syarifah saat meninjau lokasi longsor di Kelurahan Cibogor, Bogor Tengah dan Kelurahan Menteng, Bogor Barat pada Jumat (1/12) lalu.

Syarifah mengatakan, bantuan huntara bagi korban longsor sedang dalam pendataan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor.

Ia menjelaskan, bantuan huntara berupa pemberian uang untuk sewa rumah ini rata-rata diberikan untuk tiga bulan. “Setelah tiga bulan jika rumah belum bisa ditempati, maka warga akan dipindahkan ke rusunawa,” katanya.

Syarifah menyampaikan hasil pengecekan di Kelurahan Cibogor Kecamatan Bogor Tengah, dan Kelurahan Menteng Kecamatan Bogor Barat.

“Untuk longsor di Cibogor, rumah yang terdampak longsor di bawahnya sudah diberikan huntara. Ada satu rumah di sampingnya sedang kami lakukan asesmen. Kalau berbahaya akan diberikan bantuan untuk mereka sewa rumah,” paparnya.

Baca juga: Warga Kampung Cikesal Sukajaya Gotong Royong Bangun Huntara

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa bencana longsor yang diakibatkan oleh hujan deras tidak ada korban jiwa, namun rumah warga yang terkena longsor mengalami kerusakan.

Menurut Syarifah berdasarkan pengecekan ke lokasi, untuk bencana longsor yang terjadi di Kelurahan Menteng disebabkan adanya bongkahan yang turun hingga menyebabkan saluran tertutup.

“Untuk mengatasi persoalan ini BPBD, Disperumkim, dan warga secara manual melakukan pembersihan,” terangnya.

Lanjut Syarifah, longsor menimpa bagian belakang rumah, sehingga bagian dapur kamar mandi ambruk.

“Ini harus segera diatasi,sehingga jika terjadi longsor susulan bagian rumah tidak terdampak,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *