Scroll untuk baca artikel
Sorot Desa

Keren, Pemdes Mekarjaya Sulap Selokan Jadi Kolam Ikan

264
×

Keren, Pemdes Mekarjaya Sulap Selokan Jadi Kolam Ikan

Sebarkan artikel ini
Selokan jadi kolam ikan.

BOGOR, Kobra Post Online – Bersih dan penuh ikan, itulah yang terlihat di sepanjang selokan irigasi yang menyambungkan persawahan Bendungan Samawa hingga hilir Kampung Toge Bujang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Selokan yang panjangnya hampir 1 km tersebut diantaranya sekitar 50 meter disulap menjadi tempat pemeliharaan ikan nila. Ide ini muncul dari Kades Mekarjaya, Ismail Abraham.

“Iya memanfaatkan selokan yang melintas kantor desa. Idenya Pak Kades,” kata Sekretaris Desa Mekarjaya, Nurul Amin kepada Kobra Post Online, Senin (5/1).

Lanjut Nurul Amin, kolam ikan tersebut dibuat sejak tahun lalu yaitu tahun 2021. “Ikan yang ditebar di kolam ini siapa saja boleh mengambil terutama warga sekitar. Kita tidak jual, tapi diberikan gratis untuk warga,” ucapnya.

Nurul Amin menuturkan, ikan yang ditebar hanya ikan nila, setiap tiga bulan dipanen. Untuk makanannya, sambung Nurul Amin, cukup dengan makanan peket. “Ya, setiap hari kita kasih makan pelet. Alhamdulillah hasilnya bisa dirasakan oleh warga,” kata Amin.

Sekretaris Desa Mekarjaya, Nurul Amin.

Baca juga: Jelang Pemilu, 1.297 Warga Cigudeg Terima Bansos Beras

Enur salah satu warga Kampung Toge Bujang RT 02 RW 04 mengaku setiap panen selalu kebagian ikan yang dibagikan oleh Kades Mekarjaya. “Setiap panen saya dan keluarga kebagian 1 kg ikan nila yang diberikan Pak Kades Ismail Abraham,” ucapnya.

Ia berharap, program bagi-bagi ikan itu bisa terus berlanjut sebagai bentuk perhatian Pemdes Mekarjaya kepada warganya dalam membantu bahan pangan hewani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *