Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Gelar Gravitasi, Cara SMAN 1 Rancabungur Kembangkan Kreativitas Siswa

475
×

Gelar Gravitasi, Cara SMAN 1 Rancabungur Kembangkan Kreativitas Siswa

Sebarkan artikel ini
gravitasi.
Pembukaan kegiatan Gravitasi di SMAN 1 Rancabungur.

BOGOR, Kobra Post Online – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, menggelar Gravitasi (Gebyar Kreativitas Siswa) dalam rangka mengembangkan kreativitas siswa.

Ketua panitia kegiatan, Vicky Amiruddin mengatakan ada tiga kegiatan dalam acara Gravitasi yang dilaksanakan di halaman sekolah selama dua hari ini. Di antaranya pentas seni, expo campus, dan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Kita laksanakan selama dua hari, yakni hari ini Rabu (28/2) dan besok (29/2). Ini adalah salah satu event besar SMAN 1 Rancabungur. Untuk expo campus dan pameran P5 kelas X serta XI diadakan pada hari ini, lalu besok gebyarnya pentas seni,” kata Vicky kepada Kobra Post Online di Bogor, Rabu (28/2).

Lanjut Vicky, dalam projek P5 kelas X para siswa di masing-masing kelas memamerkan karya dan produk yang telah dibuat. Salah satunya yaitu pemanfaatan plastik bekas yang dijadikan gaun. Sedangkan untuk kelas XI menampilkan karya berupa artikel serta film dokumenter yang bertemakan suara demokrasi.

“Tujuan dari Gravitasi ini adalah menumbuhkan kreativitas, menyalurkan bakat dan potensi yang dimiliki siswa. Sedangkan untuk film dokumenter itu dibuat setingkat sekolah, yakni pemilihan ketua OSIS,” ucapnya.

Baca juga: Forkopimda Goes To School Sambangi SMAN 1 Rancabungur

Ia menjelaskan, pentas seni digelar pada hari kedua itu dikemas sebagai Smanrac Got Talent. Dengan tujuan mendukung bakat yang dimiliki oleh siswa SMAN 1 Rancabungur.

“Smanrac Got Talent ini seperti pencarian bakat. Jadi kita kompetisikan anak-anak itu untuk menampilkan potensi dan penampilan yang terbaik dari mereka. Seperti tari, menyanyi solo, band dan lainnya,” jelas Vicky.

Ketua panitia itu juga menuturkan, di Smanrac Got Talent akan dimeriahkan oleh penampilan cosplay anime atau tokoh-tokoh nasional yang diperankan langsung oleh siswa.

“Mereka akan memakai kostum sesuai dengan karakternya. Kemudian mereka akan melakukan coswalk di lapangan, dan tentunya kita akan menilai yang terbaik,” tuturnya.

gravitasi
Expo campus di acara Gravitasi.
Baca juga: PLS SMAN 1 Rancabungur, Bentuk Karakter Siswa Anti Perundungan

Selain pentas seni, sambung Vicky, di hari kedua Gravitasi juga akan ada pagelaran kewirausahaan yang merupakan tugas akhir kelas XII. Jadi, para siswa akan menjual produk yang telah dibuat, seperti makanan, aksesoris dan yang lainnya.

“Mengenai expo campus diikuti sebanyak 15 perguruan tinggi yang berbeda, terdiri dari 2 negeri dan 13 swasta. Mereka ada yang membuka stand, ada juga yang presentasi atau pemaparan dari setiap kampus,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *