Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Empang Akan Disulap Jadi Kawasan Arabian Town

911
×

Empang Akan Disulap Jadi Kawasan Arabian Town

Sebarkan artikel ini
empang
Kunjungan Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah ke Alun-alun Empang diterima H. Najamudin salah satu Direktur RS Ummi.

BOGOR, Kobra Post Online – Wilayah Empang Bogor Selatah Kota Bogor, akan disulap menjadi Arabian Town. Rencana pembangunan Kota Arab di kawasan Empang ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah saat meninjau Lapangan Empang, atau alun-alun di Jalan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kamis (4/6) kemarin.

Dalam peninjauan ke lapangan Empang ini, sekda mengajak beberapa OPD terkait dan PT Tirta Investama Danone dan PT Aneka.

“Rencana pengembangan kawasan Arabian Town ini sudah dari beberapa tahun sebelumnya, namun belum bisa terlaksana karena Nadzir belum terbentuk. Alhamdulillah sudah terbentuk Nadzirnya dan dari Badan Wakaf Indonesia sudah keluar SK Nadzirnya, ini menjadi jaminan kalau Nadzir ini sah,” ujar Syarifah.

Syarifah mengatakan, Nadzir yang sah ini penting mengingat Lapangan Empang ini merupakan tanah wakaf. Nadzir ini merupakan orang yang berhak untuk bertindak atas harta wakaf, baik untuk mengurusnya, memelihara dan mendistribusikan hasil wakaf kepada orang yang berhak menerimanya, ataupun mengerjakan segala sesuatu yang memungkinkan harta itu tumbuh dengan baik dan kekal.

“Pihak Nadzir sudah bersurat ke Wali Kota Bogor agar Pemerintah Kota Bogor bisa memfasilitasi pengembangan kawasan ini. Pemkot Bogor pun membantu memfasilitasi dengan menggandeng investor atau mencari CSR dari perusahaan serta melibatkan BJB, karena ini tanah wakaf tidak bisa pakai APBD,” terangnya.

empang.
Alun-alun Empang yang dipenuhi motor.
Baca juga: Longsor di Empang, 2 Tewas dan 4 Orang Masih Dievakuasi

Pengembangan kawasan bertema Arabian Town ini akan menjadi pusat pengembangan baru di Kota Bogor selain Suryakencana yang tentunya memerlukan pendanaan tidak sedikit. Apalagi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor juga sudah membuat master plan untuk kawasan Arabian ini.

“Desain kawasan ini akan dibahas bersama. Dari Pemkot memang ingin menjadikan kawasan ini Arabian Town dengan ornamen lampu-lampu khas Arabian, kulinernya juga khas Arabian,” jelasnya.

Sekda menilai, kawasan Empang ini merupakan kawasan yang memiliki potensi besar apalagi ketika ada acara keagamaan atau hari besar Islam yang mana bisa mendatangkan tamu sangat banyak.

Baca juga: Jembatan Otista Ditutup 1 Mei Hingga Desember 2023

Sehingga akan lebih baik jika memiliki fasilitas yang bagus dan rapi. Apalagi terkhusus lapangan ini, wasiat para wakif yang mewakafkan tanah ini harus bisa bermanfaat untuk ekonomi umat, terutama untuk Masjid Agung At-Thohiriyyah.

“Jadi hasil dari ini bisa untuk Masjid, untuk UMKM alias untuk umat. Sementara sekarang belum ada penghasilan apapun. Kalau kami, Pemkot Bogor yang terpenting kawasan ini tumbuh, karena tugas kami kan mensejahterakan masyarakat dengan memfasilitasi seperti ini, menghubungkan Nadzir dengan perusahaan yang mau memberikan CSR,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *