Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

DPRD Kota Bogor Setujui PP-APBD 2022

1399
×

DPRD Kota Bogor Setujui PP-APBD 2022

Sebarkan artikel ini
DPRD Kota Bogor Setujui PP-APBD 2022

BOGOR, Kobra Post Online – DPRD Kota Bogor bersama Pemerintah Kota Bogor menyetujui Rancangan Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (PP-APBD) 2022 melalui rapat Paripurna, Selasa (25/7).

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto menyampaikan bahwa penetapan PP-APBD 2022 ini menjadi dasar dari evaluasi penganggaran dan perencanaan APBD berikutnya.

Atang mengungkapkan, dalam PP-APBD 2022, jumlah realisasi pendapatan sebesar Rp2,7 triliun dari target 2,8 triliun rupiah. Sedangkan untuk jumlah belanja dan transfer realisasinya sebesar Rp 2,9 triliun dari target Rp 3,1 triliun. Untuk melengkapi jumlah belanja ditutup melalui pembiayaan daerah.

“Kami mengapresiasi capaian ini lebih baik dibanding APBD 2021, di mana Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) di 2022 sebesar Rp 161 miliar. Lebih rendah Rp 200 miliar dibanding TA 2021 yang mencapai Rp 360 miliar,” ungkap Atang.

Baca juga: 50 Catatan DPRD Terhadap Pertanggungjawaban APBD 2022 Kota Bogor

Meskipun ada kemajuan capaian, DPRD Kota Bogor tetap memberikan beberapa catatan atas PP-APBD 2022. Hal ini sebagai bentuk evaluasi dan bagian dari perbaikan untuk dilaksanakan oleh Pemkot Bogor. Salah satunya adalah DPRD Kota Bogor meminta Pemerintah Kota Bogor agar serius, terencana, terukur dalam menindaklanjuti pembayaran piutang daerah oleh pihak terkait sehingga dapat digunakan sebagai anggaran belanja daerah di Tahun Anggaran berikutnya.

“Piutang daerah nilainya sangat besar. Lebih dari Rp 719 miliar. Kalau ini bisa ditagihkan, dampaknya sangat besar untuk pembangunan di wilayah dan juga untuk sarana pendidikan,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *