Cegah Karhutla, KLHK Adakan Bimtek

oleh -1.908 views
Karhutla

BOGOR, Kobrapostonline.com – Sebagai bentuk pencegahan ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tahun 2020, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) pengendalian kebakaran hutan dan lahan bagi masyarakat.

Bimtek tersebut dihadiri oleh 120 relawan Kader Militan Jokowi (Kamijo) dari 21 Provinsi di Indonesia itu di gelar di The Forest Resort Hotel, Jl. Soemanta Diredja No.99, Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Rabu (11/12/2019). Acara berlangsung selama 2 hari, 11-12 Desember 2019.

Deny salah satu narasumber yang memberikan materi dari KLHK dalam paparannya mengatakan, upaya pencegahan adalah bagaimana cara mengendalikan unsur atau potensi kebakaran yang disebabkan oleh perilaku manusia dan iklim.

“Sejak 2015, kebakaran hutan menyebabkan kerugian hingga Rp 200 triliun. Setiap tahun, pemerintah berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat dan mengikutsertakan mereka untuk pencegahan agar tidak terjadi lagi,” kata Deny.

Dalam arahan yang disampaikan presiden melalui KLHK, lanjutnya, satu cara efektif melakukan pencegahan kebakaran yakni dengan membentuk satgas pencegahan dan patroli terpadu Karhutla.

“Manggala Agni, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, MPA/masyarakat yang masing-masing kelompok terdiri dari 5 atau 6 orang, dilibatkan dalam pembentukan Tim anti kebakaran,” ujarnya.

Deny menjelaskan, patroli terpadu ini adalah monitoring, sosialisasi, mencari informasi dan pemetaan masalah, melakukan groundcheck, serta pemadaman dini.

“Manggala Agni adalah brigade pengendalian kebakaran hutan. Ada 34 provinsi memiliki daerah operasional Manggala Agni. Tugas dan fungsinya adalah pencegahan, pemadaman dan penanganan,” katanya.

Menurut pemateri, patroli terpadu adalah cara efektif, sebagai bukti bahwa pemerintah juga turun dalam pencegahan kebakaran.

Baca juga : Pengedar Sabu Asal Indramayu Ditangkap Di Bekasi

Disisi lain, Gumilar Abdul Latif Ketua Umum DPP KAMIJO menuturkan, kegiatan yang melibatkan para kader KAMIJO ini diharapkan nantinya dapat mensosialisasikan dan membina masyarakat terhadap pencegahan serta penanggulangan kebakaran hutan.

“Kita berharap terciptanya lembaga Kamijo ini, masyarakat lebih peduli api. Itu output yang kita ingin hasilkan,” ujar Gumilar.

Ketum Kamijo itu menambahkan dalam pelatihan ini, peserta diberi materi tentang pengendalian karhutla meliputi praktek pencegahan dan pemadaman dengan narasumber dari KLHK.

Reporter : Andres

Editor : Rangga A.

Spread the love

One thought on “Cegah Karhutla, KLHK Adakan Bimtek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *