Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Kecamatan Siap Ajukan Pendirian SMPN 2 Rancabungur

4431
×

Kecamatan Siap Ajukan Pendirian SMPN 2 Rancabungur

Sebarkan artikel ini
Pendirian SMPN 2 Rancabungur
Rapat koordinasi pembahasan pendirian SMP Negeri 2 Rancabungur di ruang kelas SDN Bantarkambing 6, pada Senin (23/5). (Foto : Dok. Jun-kobrapostonline.com)

BOGOR, Kobra Post Online – Kecamatan Rancabungur berencana akan mengajukan pendirian SMPN 2 Rancabungur kepada Pemerintah Kabupaten Bogor.

Menindaklanjuti hal itu, pihak kecamatan mengadakan rapat koordinasi dengan Ketua PGRI Rancabungur, para kepala SD dan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S). Turut hadir, Anggota DPRD Komisi IV dan Kepala Bidang Pembinaan SD pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor.

Rapat pembahasan rencana pengajuan pendirian SMP Negeri 2 Rancabungur itu berlangsung di ruang kelas SDN Bantarkambing 6 Kecamatan Rancabungur pada Senin (23/5).

Camat Rancabungur, Dita Aprilia mengatakan, rencana pengajuan sekolah baru ini berdasarkan kurangnya fasilitas SMP Negeri di wilayahnya.

“Kami mendengar bahwa pada tahun ajaran 2021-2022 ada sekitar 120 siswa yang tidak terakomodir di SMPN 1 Rancabungur,” katanya kepada Kobra Post Online usai rapat koordinasi.

Dita menjelaskan, jika melihat kebutuhan zonasi dari Desa Candali, Cimulang dan Mekarsari belum ada SMP Negeri di sekitar wilayah itu.

“Penerimaan siswa baru melalui sistem zonasi sangat mempengaruhi, walaupun di luar itu ada jalur prestasi dan lain-lain. Tapi persentasenya sangat kecil, tidak bisa mengcover kebutuhan. Alhamdulillah para kepala sekolah, Muspika dan paguyuban kepala desa mendukung untuk usulan pendirian SMPN 2 Rancabungur ini,” jelasnya.

Mengenai lokasi rencana pembangunan sekolah, lanjutnya, ada beberapa alternatif. Pihak kecamatan sudah membentuk tim survei dan telah melihat area yang merupakan aset Pemda.

“Kami usulkan ada tiga lokasi, yaitu Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang berada di Desa Rancabungur. Kemudian, fasilitas sosial (Fasos), fasilitas umum (Fasum) Perumahan Ambar serta di Jalan Cagak sebelum jembatan,” paparnya.

Respon (1)

  1. Wah, bagus sekali andai didirikan SMPN 2 di area TPU Rancabungur Kracak, strategis dekat destinasi wisata jembatan Rawayan, SMPN 1 memang sudah over kapasitas dan tidak ada SMP Negeri yg mengakomodir daerah Mekarsari, cimulang, candali, SD nya banyak SMP negeri nya cuma 1 Rancabungur, dampak ekonomi dan geliat pembangunan bertambah didaerah situ, semoga secepatnya dibangun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *