Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Warnai Ramadan, SMK Golden Gelar Sanlat hingga Lomba Islami

141
×

Warnai Ramadan, SMK Golden Gelar Sanlat hingga Lomba Islami

Sebarkan artikel ini
Warnai Ramadan, SMK Golden Gelar Sanlat hingga Lomba Islami
Pelaksanaan Sanlat SMK Golden.

BOGOR, Kobra Post Online – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Golden, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, mewarnai bulan suci Ramadan dengan menggelar beberapa kegiatan. Di antaranya Pesantren Kilat (Sanlat), bazar Ramadan, lomba religi, dan buka bersama serta pembagian hadiah di hari penutupan.

Wakil Kepala SMK Golden, Nurdin mengatakan bahwa aktifitas Ramadan ini rutin dilaksanakan oleh SMK Golden. Sekolah mengadakan beberapa kegiatan seperti Sanlat, mengasah kepedulian siswa dengan cara bersedekah kepada anak yatim, beragama perlombaan, Khotmil Quran, dan dipenghujung kegiatan akan ada buka bersama.

“Kegiatan Sanlat berlangsung dari tanggal 18-28 Maret, bazar Ramadan 25-28 Maret, perlombaan religi 25-30 Maret, dan buka bersama hingga penyerahan hadiah pada 1 April 2024 mendatang,” kata Nurdin kepada Kobra Post Online di SMK Golden, Sabtu (30/3).

Lanjut Nurdin, rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk merangkul dan mewadahi para siswa-siswi, guna memiliki rasa nyaman saat di sekolah. Selain itu, dia melihat adanya toleransi antar umat beragama dalam pelaksanaan Festival Ramadan ini.

“Jadi siswa yang beragama lain juga ikut andil dalam kegiatan tersebut. Yaitu saat bagi-bagi takjil. Momen Ramadan banyak memberikan keberkahan untuk kami. Sehingga kami bisa menatap dengan baik, bahwa Ramadan akan menghadirkan anak-anak dengan mental spiritual yang baik,” ucapnya.

Warnai Ramadan, SMK Golden Gelar Sanlat hingga Lomba Islami
Wakil Kepala SMK Golden, Nurdin.
Baca juga: Keren, SMK Golden Aktifkan Kembali 2 Program Bakti Sosial

Ia menjelaskan, Sanlat dilaksankan guna menciptakan karakter dan mental spiritual yang baik pada siswa. Sedangkan, bazar sebagai momentum siswa untuk saling berbagi, juga mengasah kompetensi keterampilan penjualan.

“Bukan hanya program jurusan pemasaran yang ikut dalam bazar, juga diikuti Teknik Komputer Jaringan (TKJ), perhotelan, dan perkantoran. Dimana mereka berbagi sambil memberi, harga yang ditawarkan tentu tidak sama dengan harga jual yang lainnya. Karena mereka sedang menggali potensi bakat, serta menentukan arah minat,” jelas Nurdin.

Mengenai lomba, lanjut Nurdin, bertujuan untuk mengasah bakat-bakat siswa yang terpendam. Dalam kegiatan ini ada tiga lomba religi yang digelar, yakni lomba azan, Qoriah dan ceramah agama.

“Dari lomba itu bisa menghadirkan talenta-talenta diluar dugaan kami. Jadi mereka menampilkan kemampuan yang luar biasa. Tujuan lainnya ialah melatih mental supaya anak-anak bisa tampil di depan umum,” ujarnya.

Baca juga: Peringati Isra Mikraj, SMK Golden Ajak Seluruh Siswa Untuk Meneladan Akhlak Nabi

Wakasek menuturkan, di hari penutupan nanti selain pemberian hadiah, sekolah akan mengundang anak-anak yatim-piatu warga sekitar untuk buka bersama.

“Harapannya, dari rangkaian kegiatan pembinaan pada Sanlat ini, bertujuan untuk mewadahi anak-anak supaya mereka menjadi individu kuat secara akhlak, mental yang bagus, dan memiliki pemikiran-pemikiran yang positif. Hingga akhirnya tidak mudah goyah untuk hal-hal yang negatif,” harap Nurdin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *