Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Siswa SDN Kedung Halang 1 Raih Juara 2 Pencak Silat O2SN

62
×

Siswa SDN Kedung Halang 1 Raih Juara 2 Pencak Silat O2SN

Sebarkan artikel ini
sdn kedung halang 1
Siswa dan Plt Kepala SDN Kedung Halang 1 seusai penerimaan piala di Disdik Kota Bogor.

BOGOR, Kobra Post Online – Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kedung Halang 1, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor meraih juara 2 lomba pencak silat pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Bogor, beberapa waktu lalu.

Pelatih Pencak Silat SDN Kedung Halang 1, Siti Syawaliyah Hidayat Putri mengatakan, siswa berprestasi itu bernama Haidar Faaris Al Farabi dari kelas V yang mengikuti kegiatan O2SN tingkat Kota Bogor melalui cabang pencak silat.

“Alhamdulillah hasilnya mendapatkan juara 2. Dengan aturan pertandingan menampilkan 100 jurus, dibagi menjadi tiga bagian. Yakni, pertama jurus dengan tangan kosong, kedua menggunakan golok, dan ketiga menggunakan alat toya,” kata Syawaliyah kepada Kobra Post Online di SDN Kedung Halang 1, Kamis (30/5).

Menurut Syawaliyah, dalam aturan pencak silat, 100 jurus itu sudah menjadi ketentuan wajib, dengan diberi waktu selama 3 menit. Namun, sambungnya, untuk kategori SD mendapatkan toleransi tambahan waktu menjadi 3 menit 10 detik.

“Kalau lebih dari 10 detik ada pengurangan nila, begitupun di bawah 3 menit. Alhamdulillah untuk Haidar saat di fase penyisihan maupun final sudah menampilkan yang terbaik,” ujarnya.

sdn kedung halang 1
Pelatih Pencak Silat SDN Kedung Halang 1, Siti Syawaliyah Hidayat Putri.
Baca juga: Siswi SDN Neglasari Raih Juara I Lomba Tari FLS2N

Dia menilai bahwa Haidar menampilkan jurus yang berbobot, dengan ekspresi wiraga, wirama dan wirasanya. Meski belum mendapatkan juara pertama, ia tetap merasa bangga atas pencapaian anak didiknya itu.

“Saya melihat Haidar berada di final sudah luar biasa. Raihan ini tetap kami syukuri,” ujarnya.

Pelatih itu menjelaskan, masing-masing kecamatan diambil dua peserta, yaitu kategori putra juara 1 dan 2, serta putri juara 1 dan 2. Jadi total keseluruhan 12 putra serta 12 putri.

“Dibagi menjadi dua pul, yaitu A enam peserta dan B enam peserta. Dari masing-masing pul diambil juara 1, 2 dan 3 untuk melaju ke babak final. Jadi yang lolos ke final ada enam orang. Dari keenam orang diambil menjadi tiga terbaik, alhamdulilah untuk Haidar mendapat juara ke 2,” jelas Syawaliyah.

“Pelaksanaannya berlangsung di Gor Koni Pajajaran. Saya selalu memotivasi kepada anak didik saya agar tetap meraih prestasi yang terbaik,” tutur perempuan yang tergabung dalam Perguruan Pencak Silat Ayu Pusaka Indonesia itu.

sdn kedung halang 1.
Plt Kepala SDN Kedung Halang 1 bersama pelatih dan Haidar.
Baca juga: Ekstrakurikuler Seni Tari SDN Neglasari Bogor Utara Torehkan Berbagai Prestasi

Sementara itu, Plt Kepala SDN Kedung Halang 1, Hj. Wini Juanita mengatakan bahwa dirinya merasa bangga atas prestasi yang di raih, dan patut mendapat apresiasi.

“Pencapaian ini menunjukan bakat serta dedikasi dalam seni bela diri. Selain itu dapat membawa nama baik sekolah,” kata Wini.

Lanjut Wini, sekolah akan melakukan beragam upaya guna meningkatkan prestasi. Salah satunya dengan cara menambah jadwal latihan di luar jam pembelajaran di sekolah.

“Selain itu, kami telah memiliki pelatihan berkualitas, berpengalaman, berkompeten dan berlisensi. Semoga kedepannya dapat menorehkan berbagai prestasi,” harapnya.

Ia memotivasi kepada siswa yang berprestasi agar terus berlatih dan meningkatkan kemampuan. Lalu, jangan cepat merasa puas dengan pencapaian yang telah diraih.

“Terus berlatih dengan tekun dan disiplin untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi,” tutup Plt Kepala SDN Kedung Halang 1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *