Menko PMK : Meski Terdampak Bencana, KBM Harus Tetap Berjalan

oleh -884 views
Menko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Wabup Bogor Iwan Setiawan saat meninjau lokasi terdampak bencana di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor

BOGOR, Kobrapostonline.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menginginkan meski terdampak bencana alam, kegiatan belajar mengajar (KBM) harus tetap berjalan.

“Pesan saya kepada Bupati Bogor yang terpenting adalah kegiatan belajar mengajar tidak boleh terhenti. Jadi belajar harus jalan terus apapun kondisinya. Seandainya sekolah tidak bisa digunakan, ya bisa belajar di tempat lain,” ujar Muhadjir saat meninjau lokasi terdampak bencana di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (04/01/2020).

Menurut Muhadjir, KBM merupakan layanan dasar yang harus dijalankan oleh pemerintah dan masyarakat meski dalam kondisi apapun. Ia mengatakan, perlu ada kebijakan mengenai beberapa sekolah yang kini dijadikan sebagai tempat pengungsian.

“Nanti saya minta segera ada kebijakan memindahkan pengungsi agar sekolahnya bisa digunakan kegiatan belajar mengajar,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan itu.

Ia mengaku siap mengkoordinasikan jajaran kementerian kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Sosial, dan Kementerian Pendidikan untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melakukan penanganan pasca bencana di Kabupaten Bogor.

Baca juga : Kombes Pol Hendra Gunawan Resmi Jadi Kapolres Metro Bekasi

“Semuanya akan kompak lah. Saya hadir di sini memang harus ada upaya keras untuk segera menindaklanjuti kunjungan ini seperti amanah dari Bapak Presiden,” tuturnya.

Beberapa kebutuhan yang menurutnya perlu diperhatikan selain aspek pendidikan yaitu yang paling utama adalah keselamatan masyarakat, kesehatan, serta kebutuhan sehari-hari korban bencana.

Reporter : Iful S.

Editor : Rangga A.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *