Kwarcab Kabupaten Bogor Gelar Diklat Pramuka Garuda Tahun 2020

oleh -2.159 views
Diklat Pramuka Garuda Tahun 2020 Kwarcab Kabupaten Bogor

BOGOR, Kobrapostonline.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kabupaten Bogor menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pramuka Garuda Tahun 2020, bertempat di Bumi Perkemahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor pada tanggal 19-21 Februari 2020.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor, Didi Kurnia mengatakan Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda sebagai generasi bangsa Indonesia berkarakter harus siap menjiwai dan menjalankan Trisatya dan siap melaksanakan Dasa Darma.

Pelaksanaan Diklat Garuda ini mengacu pada panduan yang termaktub dalam keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038/2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Garuda.

“Pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka dilakukan secara terus menerus dan berjenjang. Guna mendidik anak dan pemuda menjadi warga negara yang berdedikasi disiplin terampil dan berkeyakinan serta mampu menjawab segala tantangan. Sehingga pembinaan dimaksud dapat benar-benar bermanfaat, baik itu bagi diri pribadi anggota gerakan Pramuka maupun masyarakat sekitar,” jelasnya. 

Didi Kurnia memaparkan proses pembinaan tersebut dilakukan dengan terlebih dahulu terdidiknya pembina-pembina Pramuka yang handal, berkualifikasi, mahir dan dapat melaksanakan proses pembinaan secara baik. Serta harus sesuai kaidah pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka dengan salah satu media pembinaan anggota Pramuka melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan Pramuka Garuda.

“Teruslah tingkatkan kecakapan khusus Pramuka. Kepada para pembina agar terus membina anggota Pramuka. Sebab anggota Pramuka adalah generasi muda bangsa yang berkarakter calon pemimpin bangsa di masa depan,” paparnya.

Baca juga : Pemkot Bogor Matangkan Penerapan Trem

Menurut Didi, ada sekitar 548 anggota Pramuka yang mengikuti Diklat Pramuka Garuda Tahun 2020 Kwarcab Kabupaten Bogor ini. Para peserta tersebut terdiri dari 130 anggota Siaga Putra, 143 peserta Siaga Putri, jumlah keseluruhan peserta Siaga sebanyak 273 anggota.

“Sedangkan untuk Penggalang Putra sebanyak 86 anggota, Penggalang Putri 133, dengan jumlah total peserta Penggalang sebanyak 219 orang. Sementara sisanya, Penegak Putra 31 anggota dan 24 Penegak Putri. Jumlahnya 55 anggota dari tingkat Penegak, dan Pandega Putri sebanyak 1 anggota,” pungkasnya.

Reporter : Didon

Editor : Yaso

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *