Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Gerakan Literasi Diluncurkan di Kampung Pancasan Bogor

222
×

Gerakan Literasi Diluncurkan di Kampung Pancasan Bogor

Sebarkan artikel ini
Para penggiat literasi.

BOGOR, Kobra Post Online – Sekitar 70 anak-anak meramaikan Peluncuran Program Gerakan Literasi di halaman rumah RT Solehudin, Kampung Pancasan, Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Minggu (3/3) kemarin.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Yayasan Daya Putra Bangsa (Yapaba) berkolaborasi dengan Maha Padma Parartha (MaPa) Foundation dan didukung oleh Galeri Juang, Yayasan Melati Pertiwi, PKB 93, Gerakan Cisadane Resik, SKD Center, Mata Pena, dan TK Putra Bangsa.

Peluncuran Program Literasi mengawali rangkaian kegiatan literasi masa bakti 2024. Kegiatan diisi membaca, menulis, berhitung, berkarya seni, permainan kreatif berbasis lingkungan dan kearifan lokal serta kursus bahasa Inggris dan komputer.

Peluncuran Gerakan Literasi Membina Anak Negeri ini dihadiri Lurah Rancamaya, tokoh masyarakat, RT, RW, orang tua anak dan warga kampung Pancasan.

Dipandu oleh Tohir Kulikulo sebagai pembawa acara, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Rara Gendis, siswa kelas 4 SDIT Birru Wattaqwa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai sarana penguat rasa kebangsaan, dan laporan Ketua Panitia oleh Isti Wuryanti yang menyampaikan terima kasih serta mengurai arti pentingnya kegiatan ini.

Acara ini juga diisi dengan persembahan lagu dari TK Plus Putra Bangsa yang dibawakan oleh 6 orang siswa. Dilanjut Tari Midley Nusantara oleh Gerakan Cisadane Resik binaan Sutanandika yang menghibur hadirin, dengan gerakan tari yang luwes untuk mengingatkan kekayaan budaya Nusantara.

Mengajari anak membaca.
Baca juga: Antara Bung Karno dan Bung Karna

Ketua Yapaba, Willi Kamawijaya mengajak orang tua untuk mengikuti kegiatan yang secara rutin dilakukan setiap seminggu sekali. Selain untuk anak-anak kegiatan ini juga akan diisi oleh materi parenting dalam upaya upaya pendampingan anak menuju kesuksesan di masa depan.

Ketua MaPa Foundation, Yuliani Kuthan menyampaikan kiprah gerakan literasi yang telah membantu pendirian beberapa pojok baca di wilayah Cijeruk, program beasiswa bagi relawan, pengadaan sarana belajar seperti buku dan mebeler serta bantuan operasional.

“Saya berharap, kerjasama yang terbangun akan terus berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi terbinanya anak-anak yang melek literasi, berkarakter, kreatif dan mandiri,” ungkapnya.

Selepas sambutan Juliani Luthan, Relawan Yapaba meresmikan “Taman Baca Putra Bangsa” yang untuk tahap awal tersedia 250 judul buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *