Scroll untuk baca artikel
Info Bogor

Anna Mariam Fadhilah Ajari Pendidikan Pancasila di SMPN 12 Kota Bogor

470
×

Anna Mariam Fadhilah Ajari Pendidikan Pancasila di SMPN 12 Kota Bogor

Sebarkan artikel ini
anna mariam
Anggota DPRD Kota Bogor, Anna Mariam Fadhilah menyampaikan materi pendidikan Pancasila.

BOGOR, Kobra Post Online – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Anna Mariam Fadhilah berkesempatan menyampaikan materi pendidikan Pancasila kepada siswa-siswi kelas VII SMPN 12 Kota Bogor.

Kegiatan tersebut merupakan program kerja dari SMPN 12 Kota Bogor dalam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dalam kesempatan itu, Anna Mariam mengangkat materi tentang demokrasi dan kepimimpinan yang merupakan hal penting yang harus dipupuk oleh para pelajar sejak dini.

Dalam menjalankan demokrasi yang berlandaskan Pancasila, Anna menyampaikan, setiap sila memiliki nilai demokrasi yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Dari pembelajaran demokrasi sejak dini, Anna berharap kedepannya SMPN 12 Kota Bogor bisa melahirkan pemimpin yang baik untuk masa depan. Karena pemimpin tidak hanya dilahirkan tetapi harus dibentuk dengan karakter yang baik dengan nilai luhur Pancasila.

“Demokrasi merupakan sistem yang membuat rakyat memiliki peran penting untuk dapat langsung memilih dan menentukan pemimpinnya. Proses demokrasi juga bisa diterapkan di kehidupan pelajar contohnya ketika memilih ketua kelas atau ketua osis,” ujar Anna Mariam yang juga menjabat Sekretaris Komisi 1 DPRD Kota Bogor.

anna mariam.
Baca juga: DPRD Kota Bogor Rancang Perda Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi

Dalam waktu dekat ini pesta demokrasi lima tahunan akan digelar di Indonesia, dimana pemimpin negara dan wakil rakyat akan dipilih secara langsung. Ia berharap, para siswa-siswi SMPN 12 Kota Bogor bisa belajar bagaimana demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Terakhir, politisi PKS itu berpesan agar siswa SMP 12 jangan pernah takut untuk memiliki cita-cita yang tinggi. “Syukur-syukur kelak akan ada yang menjadi pemimpin di negeri ini. Jangan biarkan keterbatasan menghalangi, jangan mudah menyerah. Selama ada kemauan yang kuat dan usaha yang gigih Insya Allah ada jalan,” ungkap Anna Mariam.

Pelaksanaan P5 yang digelar oleh pihak sekolah SMPN 12 Kota Bogor mendapatkan apresiasi dari Anna. Hal ini menurut Anna, sejalan dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (PPWK) yang baru disahkan oleh DPRD Kota Bogor bulan lalu.

anna mariam
Baca juga: Kota Bogor Punya Perda Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Sebab, menurutnya penerbitan Perda tersebut bertujuan untuk menjamin penyelenggaraan pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan yang mudah diakses, untuk meningkatkan pendidikan dan wawasan kebangsaan masyarakat Kota Bogor.

“Perda ini sejalan dengan visi misi Kota Bogor sekaligus untuk meningkatkan rasa nasionalisme warga Kota Bogor,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *